Harga PCR Luar Jawa-Bali Turun Jadi Rp 300 Ribu

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 October 2021 16:31
Test Swab PCR (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Kesehatan memutuskan untuk kembali menurunkan harga swab test PCR luar Jawa dan Bali menjadi Rp 300 Ribu. Harga ini turun dari sebelumnya Rp 525 ribu. Aturan ini berlaku hari ini.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Abdul Kadir mengatakan penurunan harga ini berdasarkan evaluasi yang dilakukan yang dilakukan RT PCR terdiri dari komponen jasa, komponen habis pakai, overhead dan biaya lainnya yang disesuaikan.

"Kami sepakati RT-PCR diturunkan jadi Rp 275 ribu Pulau Jawa dan Bali serta Rp 300 ribu untuk luar Jawa dan Bali," ujarnya dalam Konferensi Pers Penetapan Harga Terbaru Swab RT-PCR, Rabu (27/10/2021).


Abdul Kadir menambahkan hasil swab test PCR Covid-19 ini harus keluar dalam 1x24 jam. Ia juga meminta lembaga yang dapat izin melakukan test PCR untuk segera mematuhi aturan ini.

Sebelumnya pada Agustus lalu Kementerian Kesehatan telah menurunkan harga PCR dari 900 ribu menjadi maksimal Rp 495 ribu untuk Jawa dan Bali dan Rp 525 ribu untuk di luar Jawa dan Bali.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading