Cara Cek Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi PeduliLindungi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
08 October 2021 17:35
Infografis/mulai oktober Fitur PeduliLindungi bisa Diakses di Aplikasi Lain/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Sertifikat vaksin Covid-19 sekarang menjadi sangat penting. Saat ini membutuhkan bukti tanda sudah divaksin untuk bisa melakukan sejumlah aktivitas.

Sertifikat ini bisa dicek dan didownload melalui aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini tersedia secara gratis pada Play Store dan App Store.

Kehadiran satu aplikasi lagi mungkin bisa membuat ruang penyimpanan menjadi penuh. Terlebih tidak semua masyarakat punya ponsel dengan memori yang cukup banyak.


Namun ada cara lain untuk mengatasi masalah ini. Peduli Lindungi bisa diakses melalui website, jadi bisa diakses melalui browser di HP ataupun perangkat lain.

Fungsinya pun serupa dengan aplikasi, masyarakat bisa mengecek maupun mendownload sertifikat vaksin lewat Peduli Lindungi versi web. Untuk mengecek sertifikat vaksin melalui website Peduli Lindungi, berikut caranya:

1. Masuk ke website https://wwww.pedulilindungi.id
2. Klik tombol Login/Register. Untuk yang sudah memiliki akun bisa masuk menggunakan alamat email atau nomor terdaftar. Berikutnya beri tanda ceklis pada boks dan klik tombol Masuk.
3. Dengan nomor telepon maka akan ada One Time Password yang masuk.
4. Jika belum memiliki akun, tekan Daftar. Berikutnya masukkan nama dan alamat email atau nomor telepon. Beri tanda ceklis pada boks dan klik Daftar.

Berikutnya akan masuk ke halaman depan website tersebut. Untuk mengecek sertifikat, simak caranya berikut:

1. Klik tombol nama akun di bagian kanan atas layar.
2. Berikutnya tekan menu Sertifikat Vaksin.
3. Tekan nama pengguna.
4. Akan terlihat sertifikat vaksin dengan jumlah bergantung pada dosis yang diterima. Di dalam sertifkkat berisi data seperti nama lengkap, NIK hingga tanggal pemberian vaksin.
5. Untuk mengunduh sertifikat klik pada file yang diinginkan.
6. Tekan tombol Unduh Sertifikat.
7. Akan ada boks pemberitahuan penyimpanan file, klik Ya Lanjutkan.
8. Download selesai.

Sertifikat vaksin juga bisa dicek melalui aplikasi populer. Yakni, Grab, Tokopedia, Traveloka, Tiket.com, DANA, Livin' by Mandiri, Cinema XXI, LinkAja,
Goers, JAKI, Shopee, Loket.com, BNI Mobile, MCash.

Dalam 15 aplikasi ini telah terhubung dengan PeduliLindungi. Caranya pakainya tinggal klik ikon PeduliLindungi dalam aplikasi kemudian masukkan data yang diminta. Kemudian ikuti cara mengecek vaksin Covid-19 seperti yang ada di atas.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading