PeduliLindungi Lenyap di Shopee, Tokped, Hingga Gojek

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
26 September 2022 18:50
Infografis/Sederet Fitur Canggih Aplikasi Peduli Lindungi/Aristya Rahadian Foto: Infografis/Sederet Fitur Canggih Aplikasi Peduli Lindungi

Jakarta, CNBC Indonesia - PeduliLindungi terlihat sudah tidak ada lagi dalam beberapa aplikasi seperti Shopee, Tokopedia hingga Gojek. Sebelumnya layanan tersebut bisa diakses di dalam aplikasi-aplikasi tersebut.

Artinya masyarakat yang akan masuk ke fasilitas publik hanya bisa menggunakan aplikasi PeduliLindungi saja yang tersedia di Play Store maupun App Store.

Pantauan CNBC Indonesia, pada Senin (26/9/2022), aplikasi Gojek, Grab, Tokopedia, Traveloka, dan Shopee sudah tidak terlihat ada fitur PeduliLindungi lagi. Ini terjadi baik aplikasi di Android maupun iOS.

CNBC Indonesia juga telah mencoba menghubungi Kementerian Kesehatan mengenai hal ini. Namun hingga artikel ini dipublikasikan, belum ada respon.

Layanan PeduliLindungi yang ada pada beberapa aplikasi itu dimulai pada sekitar September 2021 lalu. Ini menjadi jawaban atas permasalahan masyarakat yang enggan instal aplikasi PeduliLindungi di dalam ponselnya.

Aplikasi-aplikasi yang jadi 'rumah' bagi layanan itu merupakan yang sering digunakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia sehari-hari.

"Ini menjawab kalau ada orang yang punya handphone terus aplikasi enggak mau instal PeduliLindungi, nah bisa menggunakan ini," kata Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan Setiaji, kala itu.

Saat itu PeduliLindungi bisa ditemukan pada bagian depan halaman masing-masing aplikasi tersebut. Masyarakat tinggal mengisi data yang dibutuhkan untuk mengaksesnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PeduliLindungi Syarat Wajib Perjalanan, Kalo Ga Punya HP Piye


(npb/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading