Cara Cek Sertifikat Vaksin, Tanpa Aplikasi PeduliLindungi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 December 2021 15:30
INFOGRAFIS, Cara Download Sertifikat Vaksin

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia telah menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 hampir setahun terakhir. Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin akan mendapatkan sertifikat di aplikasi PeduliLindungi

Sertifikat ini jadi syarat untuk mengunjungi tempat-tempat publik. Untuk menemukannya, ada berbagai cara mulai dari SMS, serta aplikasi dan web Peduli Lindungi.

Masyarakat akan mendapatkan sertifikat dengan jumlah dosis yang didapatkan. Sejauh ini seluruh vaksin yang digunakan di Indonesia masih menggunakan dua dosis, artinya tiap orang akan mendapatkan dua sertifikat.


Untuk masyarakat yang ingin mengecek sertifikat vaksin Covid-19, berikut caranya:

SMS

Mereka yang mendapatkan vaksin akan dikirimi SMS ke nomor terdaftar melalui 1199. SMS itu berisi link sertifikat vaksin, klik tautan untuk mengecek dan mendapatkan sertifikat vaksin.

Situs Web Peduli Lindungi

Akses Peduli Lindungi bisa lewat website www.pedulilindungi.id dan dapat dilakukan melalui web browser atau ponsel. Ini cara mengecek sertifikat lewat situs tersebut:

1. Masuk ke website www.pedulilindungi.id
2. Ketuk tombol Login/Register. Bagi yang sudah memiliki akun bisa masuk dengan alamat email atau nomor terdaftar. Beri tanda ceklis pada boks yang disediakan dan ketuk tombol Masuk.
3. Jika belum punya akun, ketuk Daftar. Masukan nama dan alamat email atau nomor ponsel. Beri tanda ceklis pada boks dan klik Daftar.
4. Setelah itu akan masuk ke laman depan Peduli Lindungi.
5. Klik tombol nama akun di bagian kanan atas layar.
6. Tekan menu Sertifikat Vaksin
7. Ketuk nama pengguna.
8. Terlihat sertifikat vaksin bergantung pada dosis yang telah diterima. Pada sertifikat tersedia data seperti nama lengkap, NIK hingga tanggal pemberian vaksin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cara Cek Sertifikat Online, Agar Tak Lupa


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading