Thanks Mr Xi Jinping! 2 Juta Vaksin Sinovac Tiba di RI

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
24 September 2021 12:30
Pekerja melakukan bongkar muat Vaksin COVID-19 Sinovac setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/9/2021). Indonesia menerima vaksin Sinovac sebanyak 5.000.000 dosis vaksin jadi dan siap pakai. Kedatangan vaksin COVID-19 merupakan tahap ke-70 yang diperoleh melalui skema pengadaan pembelian secara langsung.  (InfoPublik/Kominfo/Ryiadhy)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jumat siang ini (24/9/2021) Indonesia kedatangan vaksin Sinovac berjumlah 2 juta dosis. Salah satunya merupakan bantuan dari Pemerntah China berjumlah satu juta. Sementara sisanya merupakan vaksin gratis yang diberikan oleh perusahaan Sinovac.

"Hari ini telah tiba 1 juta dosis Sinovac bantuan pemerintah RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Hari ini juga tiba 1 juta dosis vaksin Sinovac bantuan dari perusahaan vaksin Sinovac yang diberikan secara gratis," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Jumat (24/9/2021).

Dia juga mengatakan sebelumnya pada 21 September juga telah menerima 200 ribu dosis vaksin Sinopharm dari Red Cross Society China. Dalam kesempatan itu Retno mengucapkan terima kasih atas bantuan vaksin yang diberikan tersebut.


Dengan kedatangan ini, Indonesia telah memiliki total lebih dari 270 juta dosis vaksin baik dalam bentuk jadi atau bahan baku.

"Dengan kedatangan vaksin-vaksin di titik kedatangan total berjumlah 273.603.79 dosis. Baik dalam bentuk vaksin jadi dan curah," ungkapnya.

Retno menambahkan kerja sama menjadi kunci diplomasi Indonesia. Pemerintah melakukan kerja sama dalam berbagai bentuk agar kebutuhan vaksin bisa tercukupi.

Dalam kesempatan yang sama Duta Besar RRT untuk Indonesia, Xiao Qian mengatakan bantuan tersebut menjadi upaya baru pemerintah China mendukung Indonesia untuk mengatasi Covid-19. Selain vaksin, negara itu juga memberikan bantuan berbagai alat kesehatan seperti ventilator hingga generator oksigen beberapa waktu lalu.

Xiao Qian juga mengatakan akan terus mendukung inisiatif berbentuk ilmu pengaturan dan upaya saat pandemi berlangsung.

"Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengumumkan selain satu juta dosis vaksin, pemerintah China akan mendonasikan 1 juta dosis vaksin lainnya untuk pemerintah Indonesia," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading