Prediksi Bos Moderna Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 September 2021 15:05
A sign marks an entrance to a Moderna, Inc., building, Monday, May 18, 2020, in Cambridge, Mass. Moderna announced Monday, May 18, 2020, that an experimental vaccine against the coronavirus showed encouraging results in very early testing, triggering hoped-for immune responses in eight healthy, middle-aged volunteers.(AP Photo/Bill Sikes)

Jakarta, CNBC Indonesia - Chief Executive Moderna Stephane Bancel mengatakan pandemi Covid-19 bisa berakhir dalam setahun. Alasannya, peningkatan produksi vaksin yang memastikan terpenuhinya pasokan global.

"Jika Anda melihat perluasan kapasitas produksi di seluruh industri selama enam bulan terakhir, dosis yang cukup harus tersedia pada pertengahan tahun depan sehingga semua orang di Bumi ini dapat divaksinasi. Booster juga harus dimungkinkan sejauh yang diperlukan," katanya kepada surat kabar Swiss Neue Zuercher Zeitung, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (23/9/2021).

Stephane Bancel menambahkan vaksin Covid-19 akan segera tersedia bagi semua pihak bahkan untuk bayi.


"Mereka yang tidak divaksinasi akan mengimunisasi diri mereka sendiri secara alami, karena varian Delta sangat menular. Dengan cara ini kita akan berakhir dalam situasi yang mirip dengan flu. Anda dapat divaksinasi dan memiliki musim dingin yang baik. Atau Anda tidak lakukan itu dan berisiko sakit dan bahkan mungkin berakhir di rumah sakit."

Ditanya apakah itu berarti kembali normal pada paruh kedua tahun depan, dia berkata: "Mulai hari ini, dalam setahun, saya berasumsi."

Stephane Bancel mengatakan dia mengharapkan pemerintah untuk menyetujui suntikan booster untuk orang yang sudah divaksinasi pada divaksinasi musim gugur lalu "tidak diragukan lagi" membutuhkan penyegaran.

"Saat ini kami sedang menguji takaran baru untuk melawan varian Delta dalam uji klinis. Ini akan menjadi dasar untuk vaksinasi booster tahun 2022. Kami juga mencoba Delta plus Beta, mutasi berikutnya yang diyakini oleh para ilmuwan yang mungkin terjadi."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading