Kapan Covid Berakhir, Ini Prediksi Bill Gates-Pfizer-Moderna

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
27 September 2021 17:00
Petugas kesehatan memeriksa pasien Covid-19 diruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSUD Koja, Jakarta, Senin (30/8/2021). Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Koja terus menurun dengan peningkatan pasien sembuh.  
Diruangan IGD hanya ada tiga pasien Covid-19 yang sedang ditangani lebih lanjut.  
Di ruangan bayi terisi dua bayi berada didalam inkubator dengan penanganan khusus dari para nakes.
Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kasus konfirmasi positif Covid-19 di tanah air hari ini bertambah 5.436 kasus, menurun dibandingkan dengan sehari sebelumnya 7.427 kasus. 
Dengan pertambahan ini maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 4,079 juta.
Sementara, jumlah pasien sembuh bertambah 19.398 orang pada hari ini, sehingga total kasus sembuh menjadi 3.743.716. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - 1,5 tahun Covid-19 menyerang Bumi, banyak warga yang masih pencari tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Berikut prediksi dari Bos Moderna, Prizer, dan Bill Gates.

Chief Executive Moderna Stephane Bancel optimistis pandemi Covid-19 akan berakhir dalam satu tahun ini. Artinya 2022 infeksi Covid-19 sudah terkendali di Bumi. Alasannya adalah makin tersedianya vaksin bagi seluruh warga Bumi.

"Jika Anda melihat perluasan kapasitas produksi di seluruh industri selama enam bulan terakhir, dosis yang cukup akan tersedia pada pertengahan tahun depan sehingga semua orang di Bumi ini dapat divaksinasi. Booster juga harus dimungkinkan sejauh yang diperlukan," katanya kepada surat kabar Swiss Neue Zuercher Zeitung, seperti dikutip dari Reuters, Senin (27/9/2021).


Ditanya apakah itu berarti kembali normal pada paruh kedua tahun depan, dia berkata: "Mulai hari ini, dalam setahun, saya berasumsi."

Chief Executive Pfizer Albert Bourla memiliki prediksi yang hampir sama dengan Stephane Bancel. Menurutnya tahun depan penduduk Bumi sudah bisa hidup nomal kembali.

"Dalam setahun, saya pikir kita dapat kembali ke kehidupan normal," kata Bourla dalam sebuah wawancara mengutip laporanABC News.


Albert Bourla menambahkan prediksi ini bisa tercapai bila tak ada lagi mutasi Covid-19 yang lebih berbahaya dari yang ditemukan saat ini. Selain itu penduduk Bumi mau menerima vaksin booster setiap tahun.

Adapun Bill Gates tidak menyebut kapan pandemi Covid-19 akan berakhir di Bumi. Namun untuk menyelesaikan krisis ini, orang terkaya nomor empat di jagat raya ini menyarankan tiga syarat.

Yakni: vaksinasi penduduk Bumi sebanyak bumi. Selanjutnya menahan penyebaran virus dengan memperbanyak testiing dan berbagai genome sequensing.

Ketiga, kordinasi respons secara global. Caranya seluruh negara di dunia melakukan kordinasi erat secara bersama-sama mengalahkan Covid-19.

"Kami sekarang membutuhkan semua pemerintah untuk menunjuk pemimpin global Covid-19, melapor kepada kepala negara, dan agar dapat dilakukan sidang secara teratur hingga 2022. Dengan dukungan pemantauan independen, satuan tugas yang terkoordinasi secara global dan terbatas waktu," tulis Bill Gates dalam blog pribadinya Gates Notes.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading