Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Ini Prediksi Terbarunya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 December 2021 07:45
A healthcare worker collects a coronavirus disease (COVID-19) test swab sample from a man on a road in New Delhi, India, December 6, 2021. REUTERS/Anushree Fadnavis

Jakarta, CNBC Indonesia - Selama dua tahun terakhir sejak pandemi menyebar, banyak orang yang memprediksi kapan ini berakhir. Tak terkecuali pendiri Microsoft, Bill Gates yang juga memberikan prediksi terbaru.

Dia menuturkan pandemi bisa berakhir pertengahan 2022 mendatang. Namun ini dengan catatan, tidak ada varian berbahaya yang muncul lagi di masa depan.

Bagi Gates, mengakhiri pandemi tidak berarti memberantas Covid-19 sepenuhnya. Sebaliknya, kata dia, dunia pasti dapat menurunkannya ke jumlah yang sangat kecil pada akhir tahun 2022. Saat itu tingkat infeksi Covid-19 akan turun di bawah tingkat flu musiman.


"Angka kematian dan infeksi turun cukup drastis karena terbentuk kekebalan alami, vaksin dan pengobatan oral," kata Bill Gates dalam Forum Ekonomi Baru Bloomberg yang dilaporkan November lalu dan dikutip dari Yahoo Finance, Jumat (10/12/2021).

Sayangnya belum lama ini varian Omicron menyebar di sejumlah negara di dunia. Varian itu sudah ditetapkam sebagai variant of concern atau VoC oleh WHO.

Bill menambahkan masalah yang harus diselesaikan adalah soal vaksin. Pasokan akan terselesaikan tahun depan, namun masalah lain adalah soal cara pendistribusian vaksin.

"Vaksin merupakan berita yang sangat baik, dan kendala besar akan teratasi pada pertengahan tahun depan. Namun harus diatasi soal logistik dan permintaan," ungkapnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Prediksi Terbaru Bill Gates Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading