Kuota Internet Gratis Kemendikbud Diperpanjang, Besarannya?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 August 2021 12:10
Belasan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar sistem online di ruang aula kelurahan Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lonjakan infeksi Covid-19 di Indonesia membuat belajar tatap muka belum bisa dilaksanakan. Para pelajar masih harus bersabar dan menerapkan pembelajaran jarak jauh alias sekolah online.

Guna mendukung sekolah online, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) sejak tahun lalu meluncurkan program Bantuan Kuota Data Internet dan Bantuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa yang terdampak Covid-19.

Bantuan ini masih akan dilanjutkan tahun ini. Hal ini disampaikan Kemendikbud melalui akun Instagram resminya, seperti dikutip Rabu (4/8/2021).


"Berdasarkan pertimbangan kondisi yang tengah berlangsung, Kementerian Keuangan, Kemendikbudristek, dan Kementerian Agama akan melanjutkan Bantuan Kuota Data Internet dan Bantuan UKT Tahun 2021," tulis Kemendikbud.

Peresmian bantuan ini dan besaran kuota internet gratis yang diberikan pada masyarakat akan diumumkan pada hari ini pukul 16.00 WIB secara online.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya mengungkapkan pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 5,54 triliun untuk bantuan kuota internet gratis bagi anak didik maupun tenaga pengajar tahun ini.

Sebelumnya penerima kuota internet gratis kemendikbud terbagi 4 kategori, yakni:

  1. Peserta Didik jenjang PAUD mendapat 7 GB/bulan
  2. Peserta Didik jenjang SD, SMP, dan SMA mendapat 10 GB/bulan
  3. Pendidik Jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA mendapat 12 GB/bulan
  4. Dosen dan mahasiswa mendapat 15 GB/bulan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading