Nadiem Perpanjang Kuota Internet Gratis, Ini Cara Dapatkannya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 August 2021 18:40
Gerai warung kopi di Tangerang Selatan menyediakan fasilitas internet gratis untuk membantu para pelajar mengikuti belajar daring. Kamis, (30/7/20). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Warung kopi (warkop) di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, sediakan internet gratis untuk siswa yang kesulitan mengikuti proses belajar daring.

Rizki, selaku pemilik warung kopi mengaku tergerak untuk membantu para siswa di sekitar tempat usahanya lantaran banyak yang kesulitan mengikuti kegiatan belajar jarak jauh karena kesulitan membeli kuota internet, atau bahkan hanya memiliki satu ponsel yang digunakan orangtua mereka untuk bekerja.   

Kita kan baru mulai hari ini, alhamdulillah cukup tinggi antusiasnya. Karena kebanyakan orangtuanya cuma punya satu ponsel. Kayak yang kerjanya ojol, jadi dibawa buat tarik penumpang,

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kembali menyalurkan bantuan kuota internet untuk siswa, mahasiswa, guru dan dosen. Bantuan tersebut akan mulai di erikan pada September hingga November 2021 mendatang.

Sementara itu untuk persyaratan penerima bantuan kuota internet adalah sebagai berikut:

  • Siswa PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah : memiliki nomor ponsel aktif baik atas nama orang tua, keluarga, atau nama siswa tersebut. Selain itu juga siswa terdaftar di Dapodik.
  • Guru : disyaratkan harus terdaftar di Dapodik dan juga memiliki nomor HP yang aktif.
  • Mahasiswa : harus terdaftar di PPDIKTI sebagai mahasiswa aktif. Selain itu jugaa memiliki nomor ponsel aktif. Mahasiswa juga wajib memilki kartu rencanan studi pada semester yang berjalan.
  • Dosen : harus terdaftar PPDIKTI sebagai dosen aktif. Lalu memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, NUP) dan juga memiliki nomor ponsel yang aktif.

Dalam konferensi pers secara online, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Nadiem Makarim meminta data penerima bantuan termasuk nomor HP bisa segera dimutakhirkan hingga 31 Agustus 2021 mendatang.


Sementara itu Nadiem mengatakan bantuan akan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulannya. Kuota akan aktif selama 30 hari sejak kuota diterima oleh penerima bantuan.

Nadiem menjelaskan tujuan bantuan ini untuk mendukung proses pembelajaran yang dilakukan saat ini.

"Bantuan ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran. Kami juga memiliki kuota umum yang memberikan akses ke semua laman dan aplikasi kecuali yang diblokir Kominfo dan tidak tercantum dalam situs pembelajaran," jelas Nadiem dikutip Rabu (4/8/2021).

Berikut besarannya bantuan internet pada September hingga November mendatang:

  • Peserta Didik jenjang PAUD mendapat 7 GB/bulan
  • Peserta Didik jenjang SD, SMP, dan SMA mendapat 10 GB/bulan
  • Pendidik Jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA mendapat 12 GB/bulan
  • Dosen dan mahasiswa mendapat 15 GB/bulan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kuota Internet Gratis Kemendikbud Diperpanjang, Besarannya?


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading