Elon Musk Tesla Dukung Epic Games Fortnite Lawan Apple

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
02 August 2021 13:30
FILE PHOTO: Tesla Motors CEO Elon Musk talks at the Automotive World News Congress at the Renaissance Center in Detroit, Michigan, U.S., January 13, 2015. REUTERS/Rebecca Cook/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Elon Musk menyatakan dukungannya pada Epic Games. Pembuat Fortnite diketahui sedang berseteru dengan Apple karena biaya di toko aplikasinya.

"Biaya toko aplikasi Apple adalah pajak global de facto internet. Epic benar," tulis Elon dalam tweetnya, dikutip dari Reuters, Senin (2/8/2021).

Bos Tesla itu mengatakan dia pengguna Apple. Namun menurutnya perusahaan membebankan biaya berlebih pada App Store.


Dalam tweetnya, Elon bahkan mengatakan komisi 30% untuk Apple sebagai tidak masuk akal.

"Maksud saya biaya 30% untuk melakukan hampir nol pekerjaan tambahan sama sekali tidak masuk akal. Epic tidak akan repot memproses pembayaran sendiri jika pembiayaan di App Store adil," ungkap Elon.

Pihak Apple sendiri belum menanggapi permintaan berkomentar dari Reuters.

Epic mengajukan tuntutan pada pembuat iPhone itu tahun lalu. Masalajua adalah Apple dituding menyalahgunakan pasar untuk aplikasi mobilenya.

Epic Games melanggar aturan saat memperkenalkan sistem pembayaran dalam aplikasi Fortnite untuk menghindari komisi Apple.

Fee yang dibebaskan pada pengembang dianggap terlalu kemahalan. Selain itu juga menyulitkan developer untuk berkembang dan memberikan biaya mahal pada pengguna.

Sementara itu, pada November 2020, Apple akhirnya memangkas komisi menjadi 15%. Namun ini hanya berlaku pada pengembang kembali dengan catatan hanya mendapatkan penghasilan penjualan kurang dari US$1 juta.

Apple saat itu mengatakan sebagian besar pengembang akan mendapatkan keuntungan dari Program Bisnis Kecil di App Store. Program ini memberikan dorongan pada perusahaan selama pandemi.

Namun sayang pemangkasan fee ini tak berlaku untuk pengembang besar. Perusahaan tetap akan membebaskan biaya 30% pada developer yang menjual aplikasi di App Store.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading