Siaga Satu! Harga Bitcoin Anjlok 2%, Ripple Ambrol 5%

Tech - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
13 June 2021 13:15
Ilustrasi Cryptocurrency (Photo by Art Rachen on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga aset kripto utama terkoreksi pada perdagangan jelang tengah hari ini. Apa boleh buat, angin memang sedang tidak berpihak kepada mereka.

Pada Minggu (13/6/2021) pukul 11:01 WIB, berikut perkembangan harga tiga 'mata uang' kripto utama:


Dalam sebulan terakhir, aset kripto ambles sangat dalam. Bitcoin, misalnya, anjlok hingga nyaris 30%. Ini membuat 'tabungan' kenaikan harga bitcoin sejak awal tahun (year-to-date/ytd) menjadi semakin berkurang.

Pekan ini, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan penggunaan bitcoin sebagai alat tukar. Bitcoin menjadi pendamping dolar Amerika Serikat (AS) sebagai mata uang yang diakui oleh negara.

Akan tetapi, kebijakan itu menuai kontroversi. Dana Moneter Internasional (IMF) khawatir dengan dampak hukum dan ekonomi atas pengakuan El Salvador terhadap bitcoin.

"Adopsi bitcoin sebagai alat tukar yang sah akan menyebabkan perdebatan dari sisi makroekonomi, keuangan, dan hukum. Ini tentunya membutuhkan analisis yang mendalam. Kami memantau perkembangan ini dengan saksama, dan terus berkonsultasi dengan otoritas terkait," kata Gerry Rice, Juru Bicara IMF, seperti dikutip dari Reuters.

Halaman Selanjutnya --> China Makin Galak ke Bitcoin Cs

China Makin Galak ke Bitcoin Cs
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading