Ambyar! Harga Bitcoin Cs Ambrol Minggu Ini

Tech - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
11 September 2021 11:10
Ilustrasi Bitcoin  (Photo by André François McKenzie on Unsplash) Foto: Ilustrasi Bitcoin (Photo by André François McKenzie on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga tiga aset kripto utama bergerak variatif jelang siang hari ini. Namun secara mingguan, harga ketiganya merosot tajam.

Berikut perkembangan harga bitcoin, ethereum, dan ripple pada pukul WIB, mengutip data Trading Economics:


kriptoSumber: Trading Economics

Pekan ini, El Salvador jadi negara pertama yang menggunakan bitcoin sebagai mata uang, alat tukar yang sah. Namun terobosan ini tidak berjalan mulus.

Sejumlah warga menggelar demonstrasi karena tidak percaya dengan keandalan dan keamanan bitcoin sebagai alat tukar. Nilai bitcoin yang bisa berubah signifikan dalam hitungan detik dapat mengacaukan transaksi.

Apalagi penetrasi teknologi informasi di negara kepulauan Karibia ini masih rendah. Hampir separuh penduduk El Salvador belum terjangkau akses internet dan kalaupun ada koneksinya tidak stabil.

Saat akan memperkenalkan bitcoin sebagai alat tukar yang sah, pemerintah El Salvador memborong 400 unit bitcoin senilai US$ 20 juta. Pemerintah menjanjikan bitcon senilai US$ 30 untuk setiap warganya.

Namun yang jadi masalah, tidak lama setelah itu harga bitcoin turun lebh dari 0,5%. Artinya, terjadi inflasi (penurunan nilai uang) lebih dari 0,5% dalam hitungan jam. Padahal biasanya inflasi sebesar itu adalah dalam sebulan.

Kisruh bitcoin di El Salvador menyebabkan sentimen negatif bagi aset-aset kripto. Akibatnya, terjadi koreksi harga yang lumayan dalam minggu ini.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading