Tahun Baru, Bitcoin Cs Tidak Libur! Harga Naik Nih...

Tech - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
01 January 2022 16:15
Kripto Shiba Inu

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat pasar keuangan libur (karena Sabtu dan kebetulan Tahun Baru), pasar kripto tidak berhenti berputar. Aset kripto utama mengawali perdagangan 2022 dengan positif.

Pada Sabtu (1/1/2022) pukul 15:20 WIB, berikut perkembangan harga 'mata uang' kripto utama:


Sepanjang 2021, harga aset kripto melesat. Harga bitcoin, ether, dan ripple naik masing-masing 50,76%, 399,25%, dan 268,56%.

Meski ada yang naik ratusan persen, tetapi itu ternyata belum apa-apa. Ada aset kripto lain yang melesat hingga belasan ribu persen.

LUNA sejak awal 2021 hingga akhir tahun meroket 15.704,61%. Kemudian Solana (SOL) 'terbang' 12.994%. Polygon (MATIC) juga fenomenal, dengan kenaikan lebih dari 13.000%.

"Kini, aset kripto diperdagangkan oleh mereka yang sebelumnya menjual saham atau obligasi," ujar Richard Galvin dari Digital Capital Asset Management, seperti dikutip dari Reuters.

Aset kripto juga semakin diadopsi oleh sejumlah institusi, termasuk negara El Salvador di mana Bitcoin dijadikan alat pembayaran yang sah. Sejumlah perusahaan raksasa kripto juga terus melakukan ekspansi, misalnya, dengan masuk ke industri sepak bola dan bola basket Amerika Serikat (AS) alias NBA.

Tahun 2021 juga merupakan tahun di mana pasar Exchange-Traded Fund (ETF) berbasis Bitcoin berjangka pertama dibentuk. Perusahaan ETF Bitcoin pertama yang terdaftar dan diperdagangkan adalah ProShares Bitcoin Strategy.

Walaupun, di tengah deretan kabar positif itu, keraguan terhadap aset kripto juga tak kalah banyak, yang terutama datang dari para regulator keuangan. Bahkan, China yang dipimpin Presiden Xi Jinping gencar melarang penambangan kripto.

Selain itu, marak juga terjadi penipuan di dunia kripto. Chainalysis mengungkapkan bahwa penipuan di dunia cryptocurrency telah menghasilkan lebih dari US$ 7,7 miliar atau Rp 107 triliun dari investor sepanjang 2021.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Pencinta Kripto Pasti Senang Baca Kabar Ini


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading