Pertama Kalinya, Roket SpaceX Mendarat Tanpa Meledak

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 May 2021 12:05
SpaceX's bullet-shaped Starship prototype rotates after a successful liftoff during a test launch, Tuesday, Feb. 2, 2021, in Boca Chica, Texas. The test flight ended in a fiery crash when the Starship attempted to land. (Miguel Roberts/The Brownsville Herald via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Usai empat kali gagal melakukan pendaratan dan meledak, roket prototipe Starship akhirnya berhasil mendarat dengan mulus untuk pertama kalinya. Kejadian ini terjadi pada Rabu (5/5/2021) waktu Amerika Serikat (AS).

SpaceX meluncurkan roket prototipe Starship SN15 yang berhasil mencapai ketinggian tertentu kemudian kembali ke mendarat di Bumi dengan selamat.

Elon Musk mengatakan roket SN15 berisi "ratusan perbaikan desain" dibandingkan roket sebelumnya, yang semuanya hancur ketika mencoba mendarat di pangkalan uji coba.


Starship SN15 lepas landas pada pukul 18:24 Eastern Time (ET) dari fasilitas SpaceX Boca Chica, Texas, melayang lebih dari 9,6 km di angkasa untuk menguji manuver dalam penerbangan.

Saat mencapai ketinggian puncak, tiga mesin Raptor SN15 secara bertahap dimatikan untuk memulai jatuh bebas horizontal kembali ke Bumi. Mendekati daratan, dua mesin dinyalakan kembali untuk melakukan "manuver flip pendaratan" yang kompleks, di mana roket mengubah posisi sendiri secara vertikal menjelang titik pendaratan.

"Nominal pendaratan kapal luar angkasa!" ujar Elon Musk di akun Twitter pribadinya sekitar tujuh menit setelah keberhasilan pendaratan SN15 tanpa meledak, seperti dikutip dari The Verge, Kamis (6/5/2021).

Sistem Pesawat Luar Angkasa SpaceX dibuat untuk mengirim manusia dan hingga 100 ton kargo ke Bulan dan Mars. Prototipe dengan 16 lantai seperti SN15 hanya mewakili setengah bagian atas Starship. "Dua minggu terakhir telah penuh dengan pencapaian oleh tim SpaceX," kata ujar SpaceX engineer John Insprucker.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading