Simak! Begini Gambaran Masa Depan Uang Kripto

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
29 April 2021 05:40
Infografis/Jangan Asal Beli, kenali Dulu 3 Mata Uang Kripto yang sedang Booming/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa depan mata uang kripto bukan lagi pada Bitcoin. Namun akan beralih ke aset lain yakni stablecoin, yang biasanya dihubungkan dengan mata uang resmi seperti dolar AS, Euro, atau Poundsterling.

Stablecoin merupakan mata uang kripto yang didukung, ditambahkan, atau didukung oleh aset dasarnya. Tujuan stablecoin terhubung dengan mata uang resmi agar harga mata uang kripto lebih stabil.

Pendapat ini berasal dari profesor City University of New York-Lehman Collage, Sean Stein. Dalam opininya di Forbes, stablecoin akan membuat adopsi di pasar aset kripto lebih luas lagi, dikutip Kamis (29/4/2021).


Adaptasi stablecoin dilakukan oleh Visa Inc yang baru saja mengumumkan kebijakan barunya. Yakni pemilik aset kripto dapat menghubungkan dengan mata uang kripto stablecoin, dolar AS atau USDC.

Salah satu alasan stablecoin jadi masa depan mata uang kripto adalah soal volatilitas rendah. Ini akan menarik minat individu serta institusi, yang bisa mengintegrasikan mata uang kripto pada sistem keuangan lebih luas.

Sementara Bitcoin akan bernasib sebagai investasi yang memimpin kapitalisasi pasar serta menciptakan kesadaran investor. Bukan lagi digunakan saat transaksi pembayaran.

Lebih lanjut, stablecoin akan mengangkat kreativitas pada aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi) serta token yang tidak bisa dipertukarkan (NFT). Sebab kembali lagi ada pilihan volatilitas yang rendah.

Untuk alternatif jadi aset kripto pendukung kreatifivitas, kripto diharuskan likuid serta memiliki volatilitas rendah. Terakhir terintergasi dengan lembaga yang stabil.

Perkembangan tersebut tidak terbayangkan beberapa tahun terakhir dan mungkin akan lebih cerah di masa depan.

Di mana peran Bitcoin? Sean Stain Bitcoin akan menjadi uang kripto yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar dan memberikan influence untuk orang masuk ke dunia aset kripto. Ide awal Bitcoin adalah menciptakan sistem pembayaran desentralisasi dan terdistribusi, namun hingga kini belum bisa terwujud.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Bitcoin Jeblok ke Bawah US$ 37.000, Terendah 3 Bulan


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading