Yuan Digital Mulai Dipakai Bayar Gaji Karyawan, Ini Buktinya!

Tech - roy, CNBC Indonesia
26 April 2021 19:00
yuan digital

Jakarta, CNBC Indonesia - Niat China untuk menggunakan yuan digital atau uang digital sendiri sebagai uang resmi segera terwujud. Salah satu buktinya, e-commerce JD.com mulai membayar beberapa karyawan menggunakan Yuan Digital.

China telah sibuk bereksperimen dengan mata uang digital sendiri beberapa bulan terakhir. Pada Oktober lalu, Shenzhen membagikan 10 juta uang digital kepada 500.000 penduduk yang bisa digunakan untuk berbelanja di pengecer online dan offline tertentu.

Beberapa kota besar di China lainnya telah mengikuti jejak Shenzhen. Penduduk di wilayah ini harus mendaftar melalui bank terpilih untuk mulai menerima dan membayar dengan yuan digital.


Inisiatif yuan digital adalah upaya kolektif yang melibatkan regulator China, bank komersial, dan penyedia solusi teknologi. Sekilas, skema tersebut masih meniru bagaimana iang fisik yuan beredar saat ini; Di bawah arahan bank sentral, enam bank komersial utama di China, termasuk ICBC, mendistribusikan yuan digital ke bank-bank yang lebih kecil dan web penyedia solusi teknologi, yang dapat membantu membawa lebih banyak kasus penggunaan uang elektronik baru.

Secara keseluruhan, perusahaan teknologi besar China telah secara aktif berpartisipasi dalam pembangunan ekosistem yuan digital, yang akan membantu pemerintah pusat melacak aliran uang dengan lebih baik, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (26/4/2021).

Selain JD.com, platform video streaming Bilibili, penyedia layanan on-demand Meituan dan aplikasi ride-hailing Didi juga mulai menerima digital yuan untuk membeli barang dan jasa.

Raksasa game dan jejaring sosial Tencent menjadi salah satu "operator yuan digital" dan akan mengambil bagian dalam desain, R&D, dan pekerjaan operasional uang elektronik.

Grup Ant Jack Ma, yang sedang menjalani perombakan besar-besaran setelah IPO gagal, juga telah bergandengan tangan dengan bank sentral untuk bekerja membangun infrastruktur untuk memindahkan uang secara digital.

Huawei, raksasa peralatan telekomunikasi, meluncurkan dompet digital di salah satu model ponsel cerdasnya yang memungkinkan pengguna membelanjakan yuan digital secara instan meskipun perangkat sedang offline.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading