Cara Cek Kuota Gratis Kemendikbud Indosat, XL, Telkomsel

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 April 2021 10:05
Gerai warung kopi di Tangerang Selatan menyediakan fasilitas internet gratis untuk membantu para pelajar mengikuti belajar daring. Kamis, (30/7/20). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Warung kopi (warkop) di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, sediakan internet gratis untuk siswa yang kesulitan mengikuti proses belajar daring.

Rizki, selaku pemilik warung kopi mengaku tergerak untuk membantu para siswa di sekitar tempat usahanya lantaran banyak yang kesulitan mengikuti kegiatan belajar jarak jauh karena kesulitan membeli kuota internet, atau bahkan hanya memiliki satu ponsel yang digunakan orangtua mereka untuk bekerja.   

Kita kan baru mulai hari ini, alhamdulillah cukup tinggi antusiasnya. Karena kebanyakan orangtuanya cuma punya satu ponsel. Kayak yang kerjanya ojol, jadi dibawa buat tarik penumpang,

Jakarta, CNBC Indonesia - Bulan ini pemerintah masih menyalurkan bantuan kuota internet bagi peserta didik dan pendidik oleh pemerintah. Program tersebut dimulai Maret lalu, dan khusus bagi masyarakat yang baru terdaftar atau mengganti nomor ponselnya menerima bantuan sejak bulan ini.

Penyaluran bantuan akan dilakukan pada tanggal 11-15 setiap bulannya dan dilakukan selama tiga bulan. Kuota akan berlaku 30 hari sejak diterima oleh masyarakat.

Besaran kuota kali ini berbeda dengan yang diterima masyarakat pada periode sebelumnya. Hanya ada Kuota Belajar dengan rincian siswa PAUD 7GB, siswa pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 10GB, pendidik 12GB, dan mahasiswa serta dosen menerima 15GB.


Masyarakat pun bisa mengecek penerimaan kuota belajar ini, berikut caranya, dirangkum CNBC Indonesia, Senin, 19 April 2021.

Telkomsel

Salah satu cara mengeceknya adalah dengan *888# dan diteruskan dengan cek kuota. Selain itu bisa dengan aplikasi MyTelkomsel, ke menu yang berada di bawah keterangan identitas. Klik internet dan akan terlihat rincian kuota yang dimiliki.

XL Axiata

Pengguna XL bisa mengecek kuota melalui *123*7*1#, lalu ke pilihan Cek Kuota. Untuk aplikasi, dapat mengeceknya langsung melalui myXL dan AxisNet.

Indosat

Pengecekan di Indosat juga melalui dua cara. Pertama dengan aplikasi myIm3. Selain itu melalui USSD *123*075#.

Tri

Kuota pada Tri bisa dicek lewat *123*10*3#. Pengguna Tri juga dapat melihatnya langsung pada aplikasi Bima.

Smartfren

Terdapat tiga cara pengecekan kuota pada Smartfren. Yakni melalui USSD *995#, SMS ke 995, dan aplikasi MySmartfren.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading