Ingat! Kuota Belajar Kemendikbud 2021 Disetop Juni

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
03 March 2021 19:07
Ilustrasi Metode Belajar Mengajar viaOnline (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bantuan kuota dari pemerintah akan dimulai lagi di bulan Maret selama tiga bulan. Namun setelah bulan Juni, tidak akan ada lanjutan bantuan kuota internet lagi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan jika guru akan diprioritaskan melakukan vaksinasi. Program tersebut hingga akhir Juni mendatang sehingga pada bulan Juli diharapkan sekolah sudah mulai melakukan belajar tatap muka.

"Sehingga di minggu kedua dan ketiga Juli tahun ajaran baru itu akan mulai semua sekolah sudah melakukan tatap muka secara terbatas," kata Nadiem dalam Diskusi Online 'Mendedar Kuota Belajar', Rabu (3/3/2021).


Menurutnya nanti sudah tidak membutuhkan kuota belajar lagi. Sebab semua guru sudah divaksin dan mengikuti protokol kesehatan yakni menggunakan masker dan jaga jarak.

Dia mengatakan bantuan selama tiga bulan ini, pemerintah mengeluarkan anggaran sebanyak Rp2,6 triliun.

Penerima bantuan kuota sebelumnya akan otomatis mendapatkan bantuan lagi mulai bulan Maret ini. Sementara bagi yang belum menerima atau mengganti nomor ponselnya mulai menerima kuota pada April mendatang.

"Tapi kecuali kemarin penggunaan dibawah 1GB idak akan menerima lagi. Kita berasumsi bahwa mereka tidak membutuhkannya," kata Nadiem.

Rincian kuota belajar saat ini adalah murid PAUD mendapatkan 7GB dan 10GB untuk siswa sekolah dasar dan menengah. Sementara guru PAUD dan sekolah dasar serta menengah mendapatkan 12GB.

Sedangkan mahasiswa dan dosen akan mendapatkan jumlah yang sama 15GB. Seluruh bantuan itu akan berlaku 30 hari sejak kuota diterima.

Jumlah kuota ini jauh lebih sedikit dari yang disiapkan sebelumnya. Namun Nadiem menjelaskan ada fleksibilitas penggunaan yakni hanya terdiri dari Kuota Umum saja jadi sejumlah website termasuk Youtube sudah bisa digunakan untuk mengakses pembelajaran.

"Youtube sekarang termasuk, semuanya menjadi kuota umum. Tidak boleh social media, tapi WhatsApp boleh," ujar Nadiem.

Bantuan kuota akan diterima oleh masyarakat sekitar tanggal 11 hingga 15 tiap bulannya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading