Nadiem Rilis Lagi Kuota Internet Kemendikbud, Cek Rinciannya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 March 2021 14:53
Sejumlah siswa belajar menggunakan fasilitas wifi gratis di Sanggar Suluk Nusantara di Wilayah Perumahan Depok Mulya 1, Depok, Jawa Barat, Selasa (11/8/2020). Sri Wiwoho pemilik sanggar budaya sekaligus warga yang memprakarsai wifi gratis ini mengungkap Fasilitas wifi itu disediakan sebagai bentuk kepedulian atas kesulitan biaya untuk kebutuhan belajar daring

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akhirnya memberikan lagi bantuan kuota internet untuk proses belajar mengajar jarak jauh atau belajar online. Namun bantuan kali ini tanpa pembagian paket kuota.

Jika bantuan tahun lalu jumlahnya dibagi menjadi dua yakni Kuota Belajar dan Kuota Umum, untuk bantuan yang dimulai bulan Maret hingga Mei mendatang hanya menggunakan Kuota Umum. Besarannya pun jauh lebih sedikit dibandingkan bantuan yang telah diberikan sebelumnya.

"Masukkan dari masyarakat untuk meningkatkan fleksibilitas dari penggunaan kuota tersebut. Tahun 2021 kita memberikan kuota giga lebih kecil dari sebelumnya, tetapi kuota ini diberikan Kuota Umum jadi bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam Konferensi Pers Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021, Senin (1/3/2021).


Namun ada pengecualian sejumlah aplikasi yang tidak bisa diakses. Yakni kebanyakan dari entertainment seperti permainan serta media sosial contohnya Facebook, Tiktok dan Instagram.

Sementara itu Youtube bisa diakses dalam Kuota Umum ini. Nadiem beralasan karena platform berbagi video itu menjadi tempat materi pembelajarannya.

Sedangkan untuk akses aplikasi pembelajaran lain seperti Zoom tetap dapat diakses dalam bantuan kuota ini.

Bantuan kuota internet ini akan diberikan pada tanggal 11-15 setiap bulannya. Kuota akan berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima.

Penerima bantuan ini termasuk mereka yang telah menerima bantuan kuota pada bulan November dan Desember tahun lalu. Namun Nadiem mengatakan jika ada penerima bantuan lalu yang hanya menggunakan kuota dibawah 1GB tidak akan diberikan lagi.

"Yang nomornya berubah atau belum menerima akan menerima di bulan Apriol. Melapor kepada satu pendidikan sebelum april untuk mendapatkan bantuan," kata Nadiem.

Rincian Kuota Internet Kemendikbud Terbaru
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading