Awas! Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud Bisa Hangus

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
01 March 2021 17:01
Guru Honorer

Jakarta, CNBC Indonesia - Penerima bantuan kuota internet di tahun lalu dipastikan mendapatkan bantuan lagi untuk periode Maret-Mei 2021. Namun ada satu jenis penerima yang tidak akan menerima bantuan lagi.

"Kecuali bagi kemarin yang diberikan tapi penggunaanya dibawah 1GB, artinya tidak digunakan data dengan berbagai alasan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, pada Konferensi Pers Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021, Senin (1/3/2021).

Nadiem mengatakan keputusan tersebut diberikan agar penerima bantuan lebih tepat sasaran. Ini juga merupakan hasil evaluasi pemberian bantuan yang sudah dikeluarkan tahun lalu.


Menurutnya penggunaan kuota di bawah 1GB merupakan indikasi penerima tersebut tidak membutuhkan bantuan kuota baru ini. "Karena itu adalah indikasi dari kita, mereka tidak membutuhkan kuota tersebut,' kata Nadiem.

Selain itu dia juga menyebutkan sejumlah evaluasi lain dari bantuan kuota sebelumnya. Nadiem mengakui jika pihaknya mengetahui ada yang menerima bantuan walaupun sudah lulus sekolah.

Menurutnya kasus ini beberapa terdapat di jenjang universitas. Pihak Kemendikbud juga sudah melakukan peneguran pada satuan pendidikan untuk memastikan data bantuan diperuntukkan untuk anak-anak yang masih sekolah dan melakukan validitas data.

Kuota Internet Gratis Kemendikbud Dipangkas
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading