Cek Kuota Belajar Kemendikbud 2021 di Sini, Biar Tak Hangus!

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
03 March 2021 07:15
Belasan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar sistem online di ruang aula kelurahan Jatirahayu, Bekasi, Jawa Barat. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memastikan program kuota internet gratis Kemendikbud untuk belajar jarak jauh akan diberikan pada Maret hingga Mei 2021.

Namun program kuota internet gratis Kemendikbud ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun lalu kuota dibagi menjadi dua, Kuota Belajar dan Kuota Umum, kini hanya ada Kuota Umum.

Besarannya pun lebih sedikit dibanding sebelumnya. Bila tahun lalu kuota yang diberikan antara 20GB hingga 50 GB. Pada periode ini hanya 15 GB. Bantuan kuota internet ini akan diberikan pada tanggal 11-15 setiap bulannya. Kuota akan berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima.


"Masukkan dari masyarakat untuk meningkatkan fleksibilitas dari penggunaan kuota tersebut. Tahun 2021 kita memberikan kuota giga lebih kecil dari sebelumnya, tetapi kuota ini diberikan Kuota Umum jadi bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi," kata Nadiem Makarim seperti dikutip Rabu (3/3/2021).

Meski memberikan Kuota umum sejumlah aplikasi yang bersifat entertaiment tetap tidak bisa diakses. Contohnya, Facebook, TikTok, dan Instagram. Sementara YouTube masih bisa diakses karena dianggap platform ini menjadi tempat mencari materi pembelajaran.

Rincian Kuota Belajar Kemendikbud 2021
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading