Waspada dengan Aplikasi Ini, atau WhatsApp Anda Bakal Dibajak

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 April 2021 08:00
Infografis/5 Tips Aman Pakai WhatsApp Tanpa Harus Pindah ke Telegram Cs/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna Android harus kembali waspada untuk menginstal jenis aplikasi bernama FlixOnline. Aplikasi ini menawarkan penggunanya layanan hiburan tanpa batas dan langganan Netflix premium secara gratis selama dua bulan penuh.

Namun jangan percaya dengan iming-iming ini, sebab sebenarnya aplikasi ini berniat untuk 'mendengarkan' percakapan Whatsapp penggunanya hingga memiliki akses untuk membalas pesan secara otomatis dengan konten berbahaya.

Mengutip Zdnet, aplikasi ini sebenarnya berisi varian malware Android. Ketika baru diinstal, aplikasi ini akan meminta izin overlay dan pengabaian optimasi baterai. Sehingga nantinya baterai tak bisa mematikan aplikasi untuk menghemat baterai.


Aplikasi tersebut juga akan meminta izin untuk diberikan akses notifikasi yang terhubung dengan Whatsapp. Ini akan memberikannya akses untuk membalas chat yang masuk.

Biasanya, respon yang akan diberikan aplikasi ini kepada pengirim pesan berbentuk iklan Netflix gratis.

"2 Bulan Gratis Berlangganan Netflix Premium* Dapatkan Gratis Berlangganan Netflix Premium di mana pun di dunia untuk 60 hari. Dapatkan sekarang juga di https:// bit[.]ly/3bDmzUw."

Nantinya link ini akan membawa orang-orang mengklik ke situs Netflix palsu dan berupaya untuk memperoleh data kartu kredit dan kredensial.

Tak hanya itu, penipuan FlixOnline lainnya berpotensi untuk membawa pengguna kepada situs pengelabuan atau bahkan malware yang lain.

Dalam dua bulan terakhir, FlixOnline mengklaim telah mendapatkan 500 korban.

Google Play Store telah menghapus aplikasi ini, namun harus diwaspadai juga bahwa malware ini masih akan bisa muncul.

Whatsapp, yang sudah diberitahu mengenai hal ini tetapi tidak mengambil tindakan karena kerentanan yang dieksploitasikan oleh FlixOnline tidak dapat ditemukan dalam aplikasi percakapan tersebut.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading