Ayah, Begini Cara Cari Lokasi Istri via WhatsApp

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 April 2021 08:50
FILE PHOTO: The WhatsApp app logo is seen on a smartphone in this picture illustration taken September 15, 2017. REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada kalanya dalam sehari ingin mengetahui keadaan pasangan termasuk lokasinya saat itu. Caranya bisa menanyakannya langsung, namun ada juga dengan cara lain.

Berbekal WhatsApp, lokasi mereka pun bisa diketahui secara langsung. Baik melalui fitur bawaan dari platform pesan itu atau menggunakan dari pihak ketiga.

Berikut beberapa cara untuk mengetahui lokasi orang tersayang berbekal WhatsApp, dirangkum CNBC Indonesia, Selasa (13/4/2021).


Fitur WhatsApp

WhatsApp membekali penggunanya untuk membagikan lokasinya saat itu juga. Tinggal minta share location, pasanganmu bisa membagikan nya secara langsung.

Caranya buka chat atau grup yang ingin dibagikan lokasi. Tekan ikon attach file lanjutkan pilih Location, diingatkan untuk aktifkan GPS pada ponsel.

Setelah itu klik Share Live Location dan pilih durasi membagikan lokasi. Terdapat pilihan 15 menit, 1 jam bahkan 8 jam dalam fitur ini.

Google Maps

Jika cara pertama tidak bisa dilakukan, kamu bisa melakukannya lewat Google Maps. Klik lambang akun di layar kanan bagian atas.

Setelah itu pilih Share Location, tetap diingatkan untuk aktifkan GPS pada ponsel. Lokasi dapat dibagikan melalui kontak WhatsApp tertentu.

Grabify.link

Terakhir masih ada cara melalui Grabify.link. Namun cara ini lebih panjang dari dua sebelumnya.

Caranya dengan memilih URL untuk dibagikan. Buka laman Grabify Link lalu copy-paste URL ke dalam kolom 'Enter a valid URL or tracking code', terakhir Create URL.

Saat link sudah dibuka oleh penerima, kembali lagi ke Grabify dan refresh. Laman itu akan menampilkan hasil pelacakan seperti tanggal, IP Address, kota, dan ISP dari perangkat yang menerima pesan.

Setelah itu buka iplocation.net. Copy dan paste IP Address penerima dan masukan pada IP Location Finder, akan muncul geolocation yaitu latitude dan longitude.

Masuk ke Google Maps, pada kolom search Copy paste geolocation tadi dengan format latitude (spasi) longitude. Selanjutnya akan nampak lokasi penerima link tadi pada Google Maps.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading