Covid Menggila, India Jadi Negara Kasus Covid Terbanyak Kedua

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
12 April 2021 18:10
Warga New Delhi, India, mengenakan masker di tengah pandemi covid-19. (AP/Rajesh Kumar Singh)

Jakarta, CNBC Indonesia - India menggusur Brasil sebagai negara dengan kasus positif Covid-19 terbesar kedua di dunia. Peringat pertama masih diduduki Amerika Serikat (AS).

Dalam 24 jam terakhir, jumlah kasus positif Covid-19 di India bertambah 168.000 kasus. Sebanyak 83% infeksi berasal dari 10 kita termasuk Maharastra, yang merupakan rumah dari ibu kota Mumbai, pusat keuangan India.

Sejak awal pandemi di April 2020, India telah mencatatkan 1,37 juta kasusu dan pada akhir Januari lalu total kasus melonjak menjadi 13,5 juta kasus. Maharashtra menjadi negara bagian dengan kasus terbanyak.


Tingkat kematian harian juga dilaporkan meningkat karena rumah sakit mengalami tekanan yang tinggi atas persediaan, termasuk jumlah tempat tidur yang tersedia. Namun dibanding negara lain termasuk AS, tingkat kematian di India relatif rendah.

Menteri Kesehatan India Harsh Vardhan dilaporkan menyalahkan gelombang kedua infeksi dan kurangnya komitmen orang untuk memakai masker dan mempraktikkan jarak sosial sebagai penyebab melonjaknya kasus Covid-19 di India, seperti dikutip dari CNBC International, Senin (14/4/2021).

Selain itu beberapa pekan terakhir, para politisi termasuk Perdana Menteri Narendra Modi dan partainya serta partai lainnya mengadakan rapat umum pemilihan di negara bagian seperti Benggala Barat di mana banyak kerumunan, termasuk banyak orang yang tidak menggunakan masker. Ada juga serangkaian pertemuan keagamaan yang berlangsung di berbagai penjuru negeri.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading