Belajar Tatap Muka Segera Dimulai, Vaksin Covid Anak Tak Ada

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
31 March 2021 14:04
Wifi Gratis di Sekolah (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama ini, pemerintah telah berencana akan menetapkan sekolah tatap muka yang dilakukan pada Juli 2021 mendatang. Beberapa pihak pun mempertanyakan terkait dengan kemungkinan adanya vaksinasi Covid-19 (virus Corona) bagi anak-anak.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut tenaga pendidik akan menjadi prioritas di antara semua petugas publik yang ada dan perlu didorong dengan program-program penyuntikan. Misalnya seperti melakukan program satu sekolah penyuntikan bersama.

"Jadi kami mohon semua sekolah, semua universitas, semua pemerintah daerah bantu para pendidik untuk membuat program satu sekolah suntik bersama atau beberapa sekolah di satu kota suntik bersama, sehingga mempercepat akselerasi karena kita harus menyelesaikan 5,6 juta suntikan ini sampai akhir Juni," pungkasnya.


Perlu nggak sih para siswa juga divaksin sebelum dimulainya sekolah tatap muka?

Dr Masdalina Pane dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menyebut anak-anak sangat perlu untuk divaksin, mengingat risiko tertular sama besar seperti usia dewasa. Ia juga tak mengesampingkan risiko klaster COVID-19 yang umum terjadi, termasuk kemungkinan adanya klaster sekolah.

"Jadi kalau dikatakan perlu divaksin atau tidak ya tentu perlu divaksin. Namun, yang menjadi masalah saat ini belum tersedia vaksin untuk anak-anak," jelas Dr Pane saat dihubungi detikcom, Selasa (30/3/2021).

Maka dari itu, Dr Pane lebih menyoroti ketentuan atau regulasi perencanaan sekolah tatap muka di tengah pandemi Corona serta pentingnya guru diprioritaskan untuk segera mendapat vaksin Corona.

Menurutnya, penetapan wilayah mana yang diperbolehkan tatap muka dengan yang tidak juga harus menjadi perhatian utama.

"Saat ini gurunya yang harus divaksin, kemudian kalau untuk bagaimana implementasi dari pembelajaran tatap muka itu tentu saja," kata Dr Pane.

"Jadi untuk wilayah-wilayah yang belum terkendali tentu belum diizinkan untuk sekolah tatap muka. Tapi untuk wilayah-wilayah yang sudah terkendali ya nggak apa-apa," bebernya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading