Ini 7 Wilayah RI yang Pakai Vaksin AstraZeneca

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 March 2021 19:00
Vaksin AstraZeneca. (AP/Christophe Ena)

Jakarta, CNBC Indonesia - Awal bulan ini, Indonesia kedatangan sekitar 1,1 juta vaksin AstraZeneca. Vaksin tersebut juga sudah disitribusikan dan digunakan di 7 wilayah.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan Bali, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara, Provinsi Maluku, dan SKI Jakarta.

"Jumlah distribusi terbesar AstraZeneca di Jawa Timur dan Bali. Sampai saat ini proses vaksinasi AstraZeneca tetap berlangsung," kata Siti Nadia dalam konferensi pers Penjelasan KIPI Terkait Vaksin Covid-19 AstraZeneca dan Covax Facility, Selasa (30/3/2021).


Siti Nadia mengatakan pemerintah berusaha menyediakan vaksin yang aman dan efektif. Seluruh jenis vaksin juga sudah melewati uji klinis di lembaga terkait baik di dalam dan luar negeri.

Begitu juga yang didapatkan oleh vaksin AstraZeneca. Vaksin tersebut sudah mengantongi izin penggunaan darurat yang dikeluarkan Badan POM.

Sementara itu MUI juga memperbolehkan penggunaannya dalam masa darurat walaupun diketahui proses produksinya menggunakan tripsin dari babi.

Menurutnya vaksin yang tersedia merupakan yang terbaik. Pemerintah juga melakukan kombinasi penggunaan merk vaksin untuk memenuhi herd immunity di Indonesia.

"Tidak ada satupun produsen vaksin yang bisa memenuhi kebutuhan negara di Indonesia," kata Siti Nadia.

Siti Nadia menambahkan sejauh ini Indonesia sudah bekerja sama dengan empat produsen vaksin yakni Sinovac, AstraZeneca, Novavax, dan Pfizer.

Dia juga mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap menyelenggarakan vaksinasi. Sebab dengan vaksinasi dapat menjadi jalan keluar dari pandemi.

"Tidak usah ragu, tidak usah memilih vaksin. Pemerintah akan memprioritaskan vaksin yang aman dan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan hukum," jelas Siti Nadia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Vaksin AstraZeneca Baru Tiba di RI, Tapi Kadaluarsa Mei 2021


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading