Selain Yellen, Bank Sentral Ini Juga Ingatkan Bahaya Bitcoin

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 February 2021 11:34
Representation of the Bitcoin virtual currency standing on the PC motherboard is seen in this illustration picture, February 3, 2018. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengeluarkan peringatan bahaya Bitcoin. Sebelumnya Bank Sentral Spanyol juga sudah menerbitkan peringatan bagi investor yang berivestasi di Bitcoin.

Bank Sentral Spanyol dan National Securities Market Commission (CNMV) mengingatkan investor bahwa volatilitas harga, "disertai dengan peningkatan signifikan dari publisitas yang terkadang agresif," adalah "sangat spekulatif" dan dapat menyebabkan "kehilangan semua investasi".

Menurut Bank Sentral Spanyol dan CNMV, cryptocurrency "tak transparan", dan harga rentan di manipulasi, seperti dikutip CNBC Indonesia dari Anadolu Agency, Selasa (23/2/2021).


Bank Sentral Spanyol dan CNMV mengungkapkan kemungkinan cryptocurrency tidak memiliki likuiditas yang cukup yang dapat berarti investor yang ingin keluar dari investasi ini dapat "menderita kerugian yang signifikan".

Selain itu jika login atau akses ke akun cryptocurrency hilang atau dicuri, investor dapat "kehilangan cryptocurrency mereka, tanpa memiliki kemungkinan untuk mendapatkannya kembali."

Pernyataan ini dikeluarkan Bank Sentral Spanyol dan CNMV setelah harga Bitcoin meroket tinggi setelah Tesla Inc mengumumkan investasi sebesar US$1,5 miliar di Bitcoin dan berencana mengizinkan pembelian mobil listrik menggunakan Bitcoin bila diizinkan regulator.

Pasca pengumuman investasi tersebut harga Bitcoin terus mencetak rekor harga tertinggi sepanjang masa menyentuh US$58.000-an per koin. Menurut Coindesk, hingga pukul 10.58 WIB, harga Bitcoin mengalami koreksi 6,96% menjadi US$52.095 per koin.

Berlanjut ke halaman 2 >>>>

Peringatan Yellen soal Bahaya Bitcoin
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading