Bitcoin to The Moon! Awas, Hal Ini Bisa Buat Crash Lagi

Tech - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
07 January 2021 19:55
Harga Bitcoin anjlok

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga bitcoin masih terus meroket dan mencetak rekor tertinggi sepanjang masa di awal tahun 2021. Banyak analis bahkan beberapa bank investasi ternama memprediksi harga bitcoin akan terus meroket dan akan menjadi emas digital. Tetapi, ada juga yang memprediksi mata uang digital ini akan kembali mengalami crash.

Melansir data Refinitiv, pada pukul 18:42 WIB, bitcoin dibanderol US$ 37.480/BTC, menguat 4,35%, setelah sebelumnya menyentuh level US$ 37.865,06/BTC yang merupakan rekor tertinggi sepanjang masa. Rekor sebelumnya US$ 36.595,34/BTC dibukukan Rabu kemarin, dan dengan mudah berhasil dilewati hari ini.

Dalam 7 hari pertama 2021, bitcoin sudah melesat lebih dari 30%, sementara sepanjang 2020 meroket lebih dari 300%.


Ada beberapa faktor yang membuat bitcoin meroket sejak 2020. Yang paling utama tentunya mulai masuknya institusional investor ke bitcoin. Hal tersebut memberikan efek psikologis ke pasar jika bitcoin bukan lagi merupakan barang spekulasi semata.

Selain itu, banyak yang menganggap bitcoin sebagai emas digital, sehingga pergerakannya mengikuti emas, meski kenaikannya berkali lipat lebih besar. 

Jika statusnya sebagai emas digital tersebut diakui oleh banyak pihak, bank JP Morgan, memprediksi harga bitcoin akan meroket hingga ke US$ 146.000/BTC.

"Kompetisi antara bitcoin dan emas sudah dimulai dalam pandangan kami," kata ahli strategi JP Morgan dalam sebuah catatan, sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (5/1/2020).

Ahli strategi tersebut melihat belakangan ini terjadi outflow dari pasar emas sekitar US$ 7 miliar dan terjadi inflow lebih dari US$ 3 miliar di Grayscale Bitcoin Trust.

Bitcoin juga dipandang akan jauh lebih bersinar ketimbang emas, sebab millennial akan berperan penting dalam investasi di masa yang akan datang. Saat ini millennial lebih memilih emas digital ketimbang emas batangan.

Hasil survei deVere Group, perusahaan financial advisory independen dan fintech, terhadap 700 lebih millennial di berbagai negara, sebanyak 67% menyatakan mereka memilih bitcoin sebagai aset safe haven ketimbang emas.

Millennial akan menjadi kunci penting bagi masa depan bitcoin, sebab berdasarkan hasil survei DeVere, akan ada transfer kekayaan antar generasi yang besar. Berdasarkan estimasi, transfer kekayaan tersebut mencapai US$ 60 triliun dari generasi baby boomers ke millennial.

Regulasi Bisa Buat Bitcoin Crash Lagi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading