Bitcoin Diramal Roubini Ambrol, Begini Kata Elon Musk

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
20 February 2021 14:38
Infografis/ Ini 5 Alasan Kenapa Orang Tergila-gila Sama/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Topik pembicaraan cryptocurrency Bitcoin semakin memanas. Profesor Ekonomi Nouriel Roubini alias Dr Doom menyebut sistem moneter zaman batu jauh lebih baik dari bitcoin. Menurutnya, secara fundamental bitcoin bukanlah uang.

"Itu bukan unit akun, juga bukan alat pembayaran yang terukur, dan bukan penyimpan nilai (store of value) yang stabil," kata Roubini dikutip dari Business Insider. "Menyebut itu mata uang kripto adalah keliru, itu bahkan bukan sebuah asset."

Roubini mengatakan bitcoin mampu menyelesaikan hanya lima transaksi per detik, sangat jauh dibandingkan dengan jaringan Visa yang menyelesaikan 24.000 transaksi per detik. Selain itu, volatilitas ekstrim bitcoin yang dapat menghapus nilainya secara signifikan dalam waktu singkat.


Tak sampai situ, Roubini mengatakan meroketnya harga bitcoin tersebut akibat aksi manipulasi yang massif. Menurutnya bitcoin sudah bubble.

Berbeda dengan pendapat Roubini, pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk terus mengelu-elukan dan terus memberi dukungan ke bitcoin. Ia menyatakan bitcoin memiliki keunggulan tertentu yang membuat kepemilikannya sebagai aset lebih baik dibanding memiliki uang tunai (cash).

Melansir Reuters, Musk menyatakan bahwa uang cash memiliki tendensi untuk berubah haluan menjadi semakin tidak berguna seperti yang terjadi dalam kasus inflasi. Maka itu kepemilikan mata uang digital seperti bitcoin dapat tetap mempertahankan nilai uang dan barang.

"Namun, ketika mata uang cash memiliki kepentingan riil negatif, hanya orang bodoh yang tidak mencari ke tempat lain," kata Musk dalam akun Twitternya, dikutip Jumat (19/2/2021).

Musk memang merupakan orang yang sangat tertarik pada kepemilikan bitcoin. Seminggu lalu, perusahaan mobilnya menginvestasikan US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 21 triliun dalam bitcoin. Bahkan ia menyatakan pelanggan dapat menggunakan bitcoin untuk membeli produk-produk kendaraannya.

Satu bitcoin saat ini bernilai lima kali lebih banyak dari tahun sebelumnya, sedangkan nilai gabungan dari semua unit dalam sirkulasi global hampir US$ 1 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading