Ramalan Seram Roubini: Bitcoin Bakal Ambrol

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
19 February 2021 15:40
BTC

Jakarta, CNBC Indonesia - Tren positif Bitcoin akan segera berakhir. Ramalan ini disebutkan oleh profesor ekonomi Nouriel Roubini, yang membandingkan sistem moneter zaman batu dengan Bitcoin.

Menurutnya sistem Bitcoin lebih buruk dari yang ditampilkan oleh Flinstone. Film kartun itu berlatar belakang di zaman batu.

Nouriel mengatakan jika Bitcoin bisa menyelesaikan lima transaksi per detik. Jumlah itu berbeda jauh dari jaringan Visa yang dapat menyelesaikan transaksi 24 ribu kali per detik.

Volatilitas ekstrem Bitcoin dapat menghapus nilainya secara signifikan dalam waktu singkat. Alasan inilah yang menurut Roubini menyatakan Flinstone bahkan memiliki sistem lebih baik dari mata uang kripto itu.

"Secara fundamental, Bitcoin bukanlah mata uang. Itu bukan unit akun, juga bukan alat pembayaran yang terukur dan bukan penyimpan nilai (Store of value) yang stabil," kata Roubini dikutip Jumat (19/2/2021).

Dia mengatakan Bitcoin sebagai mata uang kripto adalah hal keliru. Pria yang dikenal dengan sebutan Dr Doom mengatakan Bitcoin itu bukanlah sebuah aset.

Sebutan Dr Doom didapatkannya karena memprediksi terjadilah crash di pasar perumahan yang buble dan memicu krisis. Prediksi ini disebutkan Roubini pada 2006 dan dua tahun kemudian krisis finansial global karena buble pasar perumahan AS.

Namun Dr Doom saat membicarakan Bitcoin, mata uang kripto itu malah memiliki rekor tertinggi sepanjang sarah.

Laporan data Refinitiv, harga Bitcoin berada di US$52.623,65/BTC. Ini menjadi catatan tertinggi nilai mata uang kripto sebelum akhirnya mendarat US$52.400,44/BTC.

Namun menurut Nouriel, kenaikan harga Bitcoin itu disebabkan oleh manipulasi yang masif dan Bitcoin sudah bubble. Sama seperti Dr Doom, analis Bank of America, Michael Hartnett mengatakan mata uang kripto merupakan aset bubble dan memiliki sebutan mother of bubble.

"Reli bitcoin belakangan ini bisa jadi merupakan kasus spekulasi mania lainnya. Bitcoin terlihat seperti 'mother of all bubbles'," kata Michael.



[Gambas:Video CNBC]

(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading