Top! UEA Negara Arab Pertama yang Berhasil Sampai ke Mars

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
10 February 2021 10:28
In this photo released by MHI, an H-IIA rocket with United Arab Emirates' Mars orbiter Hope lifts off from Tanegashima Space Center in Kagoshima, southern Japan Monday, July 20, 2020. A United Arab Emirates spacecraft rocketed away Monday on a seven-month journey to Mars, kicking off the Arab world’s first interplanetary mission. (MHI via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kendaraan ruang angkasa miliki Uni Emirat Arab berhasil sampai di Mars pada hari Selasa, 9 Februari 2021 kemarin. Menjadikan UEA jadi negara Arab pertama yang mencapai planet tersebut.

Waktu sampai Mars adalah pada pukul 19.42 waktu UEA atau 22.42 WIB hari Selasa kemarin. Hope, misi UEA tersebut lalu mengirimkan sinyal balik ke Bumi lebih dari setengah jam kemudian.

Peristiwa itu jelas membanggakan bagi UEA, termasuk Mohammef Bin Rashid yang menjadi bagian dari tim pengawas darat. Akun Twitter resmi Hope juga langsung mengunggah tweet untuk mengabarkan keberhasilan tersebut pada dunia.


"204 hari dan lebih dari 480 juta km kemudian #HopeProbe sekarang berada dalam Tangkapan Orbit Mars," tulis akun tersebut, dikutip CNBC Internasional, Rabu (10/2/2021).

Keberhasilan ini juga disambut suka cita oleh sejumlah negara lain. Ada Amerika Serikat, India, Inggris dan ilmuwan Neil Degrasse Tyson yang mengucapkan selamat lewat akun Twitter masing-masing.

Prestasi UEA memang sangat monumental, sebab tingkat sukses masuk ke orbit Mars hanya 50%. Ini dikarenakan karena lebih dari setengah misi ke planet tersebut gagal.

UEA juga jadi negara kedua yang sukses masuk ke orbit Mars dalam sekali percobaan. Sebelumnya telah ada India yang mampu melakukan hal sama.

Misi tersebut memiliki waktu krusial yakni 27 menit saat Hope mulai mengurangi kecepatan dari 100 ribu kilometer per jam menuju 18 ribu kpj. Kendaraan itu menembakkan enam pendorong nya sekaligus dan menghabiskan setengah bahan bakarnya.

Setelah itu ada 11 menit saat komunikasi tertunda ke Bumi. Operasi harus dilakukan dengan sempurna serta taruhan yang tinggi.

Sebagai informasi, Hope diluncurkan dari Stasiun Luar Angka Tanegashima Jepang pada 20 Juli 2020. Proyek itu menghabiskan uang mencapai US$200 juta dengan nama lain dalam bahasa Arab adalah Al-Amal.

Hope akan berada di sana selama satu tahun Mars atau sekitar 687 hari di Bumi. Misi itu akan mempelajari serta mengumpulkan data mengenai atmosfer planet.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading