Deretan Negara yang Sudah Injakkan Kaki di Mars, RI Kapan?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 February 2021 14:13
Ilustrasi planet Mars. (DasWortgewand/Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mars sedang kedatangan dua tamu dari Bumi. Uni Emirat Arab dan China sudah sampai di orbit planet tersebut dengan Amerika Serikat segera hadir minggu depan.

Tianwen-1 milik China sukses masuk ke orbit Mars pada Rabu 10 Februari 2021 waktu setempat atau berselang sehari setelah kedatangan Hope miliki UEA. Misi Tianwen-1 juga bersiap untuk mendarat dibagian utara Mars disebut Utopia Planitia pada Mei mendatang, dikutip Space, Kamis (11/2/2021).

Rencananya Tianwen-1 akan mengangkut sejumlah material murni dari Mars dan pulang ke Bumi pada 2030. Sampe itu untuk penyelidikan tanda-tanda dan petunjuk di planet tersebut.


Sementara itu, AS juga bersiap masuk ke orbit Mars pada 18 Februari mendatang. Kendaraan jelajah, Perseverance disiapkan mendarat di dalam kawah Jezero.

Sama seperti China, Perseverance akan mencari tanda-tanda kehidupan untuk Mars kuno. Pesawat itu juga mengumpulkan dan menyimpan lusinan sampel dari sana.

Kedatangan China dan UEA ke Mars jadi prestasi sendiri. Sebab banyak yang sudah mencoba namun akhirnya menerima pil pahit. Sebut saja pesawat Eropa dan Rusia akhirnya hancur dan pendaratan misi AS juga gagal. Lusinan pengorbit juga meleset pada sasarannya.

China juga sebelumnya pernah mencoba pada tahun 2011. Menjadi bagian dari misi Rusia, pesawat itu bahkan gagal untuk keluar dari orbit Bumi.

Sejauh ini hanya AS yang telah berulang kali berhasil mendarat di Mars. Negara itu telah melakukan delapan kali misi ke Mars termasuk dua misi Viking pada 1970-an, dikutip AP News.

Misi dari AS, China, dan Uni Emirat Arab pergi dari Bumi pada Juli lalu. Ketiganya memiliki tujuan untuk memanfaatkan keselarasan antara Bumi dan Mars yang terjadi sekali dalam dua tahun.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading