China Test Swab Covid-19 Melalui Anal, Efektifkah?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 January 2021 14:30
Ilustrasi bokong. (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - China dikabarkan mengembangkan cara deteksi virus corona Covid-19. Caranya melalui test swab anal atau dubur. Efektifkah?

Penggunaan Swab test Covid-19 melalui anal pertama kali dikabarkan kantor berita televisi pemerintah, CCTV, seperti dihimpun dari Global Times, Kamis (28/1/2021).

Minggu lalu dikabarkan kota Beijing telah melakukan test swab anak pada 1.000 lebih guru, staf, dan pelajar sekolah dasar setelah ditemukan infeksi Covid-19. Selain melalui anal, swab test juga dilakukan melalui usap hidung dan tenggorokan.


Li Tongzeng, wakil direktur yang bertanggung jawab atas penyakit menular di Rumah Sakit You'an Beijing, mengatakan penelitian telah menunjukkan virus corona bertahan lebih lama di dalam anus atau kotoran daripada yang diambil dari saluran tubuh bagian atas.

Untuk beberapa pembawa virus diam-diam hal ini bisa dideteksi. hadir di tenggorokan selama 3 hingga 5 hari, memungkinkan beberapa tes memberikan hasil negatif palsu.

Mengambil usapan anal dapat meningkatkan akurasi dalam kelompok-kelompok kunci, ujar Li Tongzeng. Namun, mengingat metode ini tidak senyaman usap tenggorokan, metode ini hanya akan diterapkan pada kelompok utama di pusat karantina.

Metode pengujian pengujian ini pun menjadi kontroversi di kalangan para ahli. Yang Zhanqiu, wakil direktur departemen biologi patogen di Universitas Wuhan, mengatakan karena virus telah terbukti tertular melalui saluran pernapasan bagian atas, tes yang paling efisien masih berupa usapan hidung dan tenggorokan.

"Ada beberapa kasus tes positif virus pada kotoran pasien, tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa virus itu ditularkan melalui sistem pencernaan seseorang," tambah Yang.

Beijing juga akan melakukan tes antibodi serum untuk semua pelancong luar negeri yang memasuki ibu kota China sejak 10 Desember dalam upaya menemukan rantai penularan infeksi cluster terbaru di distrik ibu kota Daxing, kata pemerintah Beijing.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading