Usai GeNose, RI Mau Bikin Alat Test Covid Berbasis Air Liur

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 January 2021 12:55
Menteri Riset dan Teknologi ( Menristek) Bambang Brodjonegoro (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah telah meluncurkan alat deteksi Covid-19 dengan hembusan nafas bernama GeNose. Kini Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 berencana menciptakan alat tes untuk deteksi Covid-19 berbasis air liur atau saliva.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, seperti dikutip CNBC Indonesia dari CNN Indonesia, Kamis (28/1/2021).

"Kami sedang berupaya untuk mencoba mencari alternatif pemeriksaan usap (swab), yaitu pemeriksaan dengan menggunakan air liur atau saliva. Tentunya ini lebih nyaman bagi orang yang diambil sampelnya," ujarnya.


Bambang Brodjonegoro mengungkapkan jika bisa menciptakan alat tes yang berbasis air liur, maka bisa mengurangi satu tahapan di dalam pengujian yakni ekstraksi RNA. Tetapi pengembangan alat tes cepat COVID-19 tersebut, harus tetap memprioritaskan akurasinya.

Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 telah mengembangkan sejumlah alat tes COVID-19 seperti GeNose yang berbasis embusan nafas dan menggunakan kecerdasan artifisial untuk mendeteksi COVID-19.

Selain itu ada RT-LAMP Test Kit Covid-19 Detection, alat tes cepat (rapid test) COVID-19 untuk deteksi IgG/IgM, dan alat tes cepat berbasis antigen.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bye Impor, RI Punya GeNose & Cepad Buat Deteksi Covid


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading