Alat Tes GeNose UGM Akurat deteksi Covid, Ini Penelitiannya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
28 December 2020 19:10
Ilustrasi Virus Covid-19 (Photo created by wirestock via Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia baru saja memiliki perangkat mendiagnosa Covid-19 bernama Genose. Alat ini dikembangkan oleh UGM dan berbasis Artificial Intelligence dengan memeriksa hembusan nafas para pasien.

Perwakilan Tim Genose UGM, Dian Nurputra menceritakan jika GeNose membaca pola dari senyawa VOC (Volatile Organic Compund). Ilmu VOC sebelumnya juga sudah digunakan di penyakit terutama kanker paru.

"Seiring berkembangnya teknologi nano material, maka kita mulai bisa membuat sensor spesifik atau sensitif dengan berlapis kan material nano, sehingga bisa mengukur perbedaan kadar VOC secara lebih sensitif," jelas Dian, dalam Konferensi Pers GeNose UGM dan Cepad Unpad, Senin (28/12/2020).


Dia mencontohkan Genose seperti seekor anjing yang membedakan bau dari satu orang ke orang lainnya. Namun alat ini akan mendeteksi perbedaan VOC secara spesifik antara orang positif Covid-19 dan tidak.

Menurutnya orang sehat akan memiliki pola VOC tertentu yang ternyata beda dengan orang sakit, apalagi penderita pneumonia hingga Covid-19.

"Pola-pola ini akan dianalisa machine learning oleh Artificial Intelligence untuk keluar prediksi poisitf dan negati," kata dia.

Sebelumnya Genose sudah melakukan pengujian validasi dengan profiling dengan 615 sampel nafas dan 382 diantaranya merupakan positif Covid-19. Jumlah ini yang menjadi otak dari mesin dan diuji diagnostik.

Hasilnya sensitifitasnya mencapai 97%. Menurutnya yang harus dilihat adalah keajegan dari otak mesin itu, untuk membuktikan akurasi menggunakan uji diagnostik dengan komparasi langsung kepada PCR.

Dari situ dilakukan uji klinis di delapan rumah sakit Indonesia yang mendapatkan 1476 subyek. Namun Dian mengatakan jika Kemenkes menginginkan tambahan 500 subyek lagi apabila nanti mesin digunakan untuk menguji orang sehat.

"Hasilnya mendapat sensitifitasnya 89 sampai 92% dan Spesifikasi nya 95-96%," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Alat Deteksi Covid-19 UGM GeNose Dipasarkan, Harga Rp 25 Ribu


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading