Jokowi: Indonesia Segera Punya Vaksin Covid-19 Sendiri

Tech - Chandra Asmara, CNBC Indonesia
10 November 2020 12:32
Arahan Presiden Jokowi pada Sidang Kabinet Paripurna, Istana Negara, 2 November 2020. (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dalam waktu yang tidak akan lama lagi Indonesia akan segera menghasilkan vaksin Covid-19 buatan sendiri bernama vaksin Merah Putih.

Vaksin Covid-19 tersebut muncul tak lepas dari peran para inovator mengembangkan inovasi di bidang kesehatan. Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan arahan dalam Inovasi Indonesia Expo 2020.

"Kita akan segera menghasilkan vaksin sendiri, vaksin merah putih," kata Jokowi secara virtual, Selasa (10/11/2020).


Tak hanya itu, para inovator juga berhasil menemukan karya-karya yang dibutuhkan dalam mempercepat penanganan Covid-19. Salah satunya, adalah alat deteksi Covid-19 melalui embusan nafas yang diberi nama GeNose.

"Berbagai komunitas peneliti juga bekerja menemukan obat dan terapi yang tepat bagi pengobatan Covid-19. Semua ini membuktikan kita punya talenta hebat yang siap berkarya," katanya.

Jokowi mengatakan inovasi merupakan kunci transformasi, kunci untuk menciptakan perubahan, serta solusi atas masalah dan cara untuk memenangkan persaingan secara global.

"Kita melihat pentingnya inovasi semua negara berlomba-lomba ingin menjadi yang terdepan, ingin jadi yang tercepat," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading