Internasional

Kabar Baik Bunda, Vaksin Corona Ini Aman Untuk Anak 3 Tahun

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
16 January 2021 10:43
Foto terbaik AP 2020, Mengenakan masker dan sarung tangan plastik untuk mencegah penyebaran virus corona, anak perempuan mengangkat tangan saat di Havana, Kuba. (AP/Ramon Espinosa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm, diklaim aman digunakan bagi anak usia 3 tahun hingga 17 tahun. Sehingga vaksin ini diharapkan bisa setujui Pemerintah China agar bisa segera digunakan.

Chairman CNBG Yang Xiaoming mengatakan, keamanan ini berdasarkan hasil data uji klinis yang telah dilakukan CNBG.




"[penggunaan vaksin] dapat diperluas untuk mereka yang berusia antara tiga dan 17 tahun sebelum Maret," katanya yang dikutip dari Reuters, Sabtu (16/1/2021).

Menurutnya, untuk anak-anak berusia tiga hingga lima tahun, yang sistem kekebalannya masih berkembang maka harus diawasi dengan cermat dan ketat selama vaksinasi.



Diketahui, CNBG memiliki dua vaksin COVID-19 dalam uji klinis Fase 3. Keduanya telah diizinkan untuk penggunaan darurat dan diberikan kepada kelompok prioritas terbatas yang berisiko tinggi terinfeksi.

Kandidat Covid-19 Biotek Sinovac juga telah diizinkan untuk penggunaan darurat.

Vaksin yang dikembangkan oleh unit CNBG di Beijing adalah Vaksin pertama yang disetujui di China untuk penggunaan bagi masyarakat umum pada akhir Desember 2020.

Belum jelas vaksin CNBG mana yang dirujuk Yang dalam komentarnya tentang uji klinis pada anak-anak dan remaja. Sebab, Reuters menyebutkan bahwa Sinopharm dan CNBG belum dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Beijing Institute of Biological Products pada akhir Desember lalu mengatakan, vaksin CNBG disetujui untuk penggunaan darurat kepada masyarakat umum karena 79,3% efektif dalam mencegah orang tertular virus corona tersebut. Tetapi belum ada data kemanjuran yang terperinci.

Adapun program vaksinasi di China telah dimulai sejak Juli untuk penggunaan darurat, saat ini diperluas untuk mencakup lebih banyak kelompok prioritas pada Desember. Tetapi belum mencakup orang-orang yang lebih muda dari 18 tahun dan lebih tua dari 59 tahun karena data klinis yang tidak mencukupi.

Oleh karenanya, kandidat vaksin Covid-19 Sinovac dan CanSino Biologics juga sedang diuji pada anak-anak dan remaja. Pengembang vaksin Barat termasuk Pfizer dan Moderna juga memasukkan anak-anak berusia 12 tahun ke dalam uji klinis mereka.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading