Kapan Vaksin Sinovac akan Diberikan ke Masyarakat?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 January 2021 15:43
Sinovac, Vaksin Covid-19 (Dok.Sinovac.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah resmi memulai program vaksinasi atau penyuntikan vaksin corona untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Pada tahap awal ini, program ini menggunakan Vaksin Sinovac bernama CoronaVac.

Lantas kapan vaksin Sinovac akan diberikan ke masyarakat? Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Indonesia telah memesan 125 juta dosis vaksin yang direncanakan tiba di Indonesia pada Desember 2020 hingga Januari 2021. Indonesia juga punya dengan opsi tambahan 100 juta dosis vaksin lagi.

Indonesia akan mendapat vaksin Sinovac dalam dua jenis. Yakni vaksin jadi dan bahan baku yang akan diproses oleh PT Bio Farma. Saat ini 3 juta dosis vaksin jadi sudah ada di Indonesia dan 15 juta dosis vaksin bahan baku.


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan tahap awal diprioritaskan pada tenaga kesehatan, pejabat publik dan kelompok lanjut usia. Vaksinasi diharapkan bisa dilaksanakan pada Januari - April 2021.

Ada 1,48 juta tenaga kesehatan yanga akan divaksin dan diharapkan selesai pada Februari. Kemudian vaksin akan diberikan pada 17,4 juta petugas publik yang berisiko tinggi karena bertemu banyak orang.

Lalu vakasinasi pada 21,5 juta Lansia juga akan dilakukan pada Maret-April, jika sudah mendapatkan informasi keamanan untuk kelompok umur tersebut.

"Setelah selesai, maka Mei akan dilanjutkan dengan vaksinasi seluruh masyarakat," ujar Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (12/1/2021).

Berlanjut ke halaman berikutnya "Selain Sinovac, Ini Vaksin yang Digunakan RI" >>>>

Selain Sinovac, Ini Vaksin yang Digunakan RI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading