Jadi Kota Gaming, Shanghai Bangun Arena eSports Rp 12,4 T

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
06 January 2021 19:31
eSports

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu kota di China, Shanghai baru saja membangun tempat pusat eSports dengan harga fantastis mencapai US$898 juta atau setara Rp12,4 Triliun. Bangunan itu semakin membuat Shanghai jadi salah satu pemimpin di industri.

Bernama Shanghai International New Cultural and Creative eSports Center, bangunan itu berada di tanah seluas 500 ribu meter persegi, dikutip CNBC Internasional, Rabu (5/1/2021).

Bangunan itu akan bisa digunakan untuk seluruh ekosistem eSports. Misalnya tim dan perusahaan bisa berbasis di sana dan juga disediakan hotel.


Salah satu pihak yang mendukung pembangunan tersebut adalah induk tim eSports China Edward Gaming, Super Gen. Sementara itu diharapkan bangunan eSport Hub sudah bisa dinikmati masyarakat dalam dua tahun lagi.

Shanghai memang sudah dikenal pendukung berat industri eSports. Salah satunya dengan jadi tuan rumah dari kejuaraan dunia terbesar bernama League of Legends.

Esports memang terus menunjukkan tren positif secara global. Salah satu yang memiliki potensi besar secara pasar adalah China.

Menurut sejumlah laporan China mencatatkan angka fantastis baik dari pendapatan hingga jumlah pemain eSports. Misalnya laporan firma riset pasar game, Newzoo, menyebutkan tahun lalu negara itu menghasilkan US$ 1,1 miliar atau Rp15,2 triliun hanya dari gaming saja.

Selain itu China juga terlihat memiliki potensi besar di industri, dengan laporan Niko Partners menyebutkan ada 720 juta gamer dan 70% diantaranya ikut dalam eSports.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading