Cara Merekam Layar Laptop dan Komputer PC Tanpa Software

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 January 2021 15:15
Pengunjung melihat barang elektronik di Toko Hartono Elektronik, Jakarta, Selasa (24/4). Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar dalam beberapa pekan terakhir ini berdampak pada kenaikan harga jual produk elektronik. Pelemahan nilai rupiah berdampak pada harga elektronik. Sebab, beberapa komponen elektronik, khususnya komputer, merupakan barang impor, seperti dari Jepang. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perekam layar (screen recorder) memang jadi tambahan kebutuhan saat ini. Apalagi dengan banyaknya kegiatan di dunia maya, agar acara conference bisa diputar ulang bisa menggunakan perekam layar.

Baik PC maupun laptop bisa melakukan perekaman layar dengan menggunakan tools pada keyboard ataupun software. Berikut alat perekam layar yang bisa digunakan, dirangkum dari berbagai sumber Selasa (5/1/2021).

Game Bar


Melalui keyboard, Anda juga bisa melakukan perekam layar. Pertama adalah Windows Game Bar, dikutip PC Mag. Tools ini dibangun pada Windows 10 dan didesain untuk merekam bermain saat di PC. Namun alat yang sama juga bisa digunakan sesederhana merekam layar saat sedang conference call.

Hanya dengan menekan tombol Windows serta G maka bar perekaman akan muncul. Tekan tombol record pada Game Bar untuk merekam atau Stop setelah selesai.

Hasil rekaman akan berbentuk video nantinya. Sesaat setelah selesai, pada layar akan diberitahukan lokasi file video perekaman.

MacOS

Sementara itu untuk pengguna MacOS sudah ada fitur perekamanan layar juga dengan menekan Shift+Command+5. Lalu akan terbuka tools Screen capture.

Dari toolbar akan ada opsi untuk menangkap seluruh layar atau hanya beberapa jendela saja hingga beberapa bagian dari layar saja.

Cara Merekam Layar Laptop dan PC dengan Software
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading