Game Online & eSports Lagi Booming, Masa Depannya Cerah?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 January 2022 12:05
Perhelatan Asian Games 2018 masih terus berlangsung. Dan hari ini salah satu tim dari cabang olahraga e Sport juga sudah mulai bertanding sejak kemarin (27/8/2018).



Berlangsung di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta, perhelatan ini sangatlah mencuri perhatian. Tidak hanya dari penonton Indonesia tapi pendukung dari berbagai negara pun juga turut serta. (CNBC Indonesia/Lynda Hasibuan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sektor game memang kerap disebut terus mengalami pertumbuhan seiring berjalannnya waktu. Namun bagaimana di masa depan?

Deputy Executive Vice President of Customer Experience & Digitalitation Telkom Indonesia, Sri Safitri mengatakan sepertinya game bakal jadi masa depan, bahkan menyebut eSports bisa sangat besar nantinya.

Banyak pihak, dia menuturkan, yang sudah melirik ke sektor game. Sebut saja Telkom Indonesia yang ada di hampir seluruh aspek, mulai dari publisher, distribusi dan komunitas.


"Ini menunjukkan tidak hanya Telkom Indonesia, juga pemerintah Indonesia saat ini melihat game jadi masa depan. Bukan hanya youtube atau video on demand, eSport jd next big thing," kata Sri dalam talkshow Masterminding the Future of Indonesian Gaming Industry, Expo 2022 Dubai, Kamis (6/1/2021).

Dia mengatakan pihaknya dengan infrastruktur yang besar dapat membangun ekosistem game untuk seluruh pemain. Bukan hanya dalam grup namun mitra yang berkolaborasi untuk membangun industri game.

Jaringan 5G juga disinggung Sri terkait perkembangan game. Telkomsel diketahui sudah meluncurkan 5G secara komersial beberapa waktu lalu.

Menurut Sri, dengan 5G pengalaman bermain game akan lebih meningkat. Bahkan dia mengaitkannya pengalaman untuk bermain di Metaverse, sektor yang belakangan sering dibicarakan oleh banyak orang.

Selain Metaverse, Sri juga mengatakan bisa melihat kombinasi game dengan teknologi lain seperti Non-fungible Token atau NFT.

"Saat telkomsel mengimplementasikan 5G, pengalaman game juga akan lebih smooth. Publisher juga bisa memberikan pengalaman gaming terbaik, khususnya terkait Metaverse," jelasnya.

"Bagaimana mereka mengkombinasikan pengalaman game dan juga Metaverse serta NFT akan ada dalam lima tahun lagi pengalaman yang belum kita lihat sebelumnya, jadi kita menunggu itu".


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wow! Token Kripto Ini Disebut Masa Depan Industri Game


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading