Akhirnya RI Bisa Pakai Vaksin Covid Pfizer, Ini Rahasianya

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
30 December 2020 15:53
System Pharmacy Clinical Manager at Hartford HealthCare Colleen Teevan prepares the Pfizer-BioNTech vaccine for COVID-19 to give to a front line worker outside of Hartford Hospital, Monday, Dec. 14, 2020, in Hartford, Conn. (AP Photo/Jessica Hill)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia menyiapkan untuk menggunakan vaksin Pfizer-BioNTech dengan penanganan khusus. Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir menyebutkan jika pihak Pfizer akan meminjamkan tempat khusus vaksin tersebut.

"Memang vaksin Pfizer-BioNTech sudah masuk list (daftar) vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi, memang model kerjasamanya Pfizer akan meminjamkan storage khusus ultra low temperature freezer (lemari pendingin khusus)," kata Honesti, Selasa (30/12/2020).

Dia mengatakan storage ini untuk mengangkut vaksin ke daerah yang akan diberikan vaksinasi. Menurutnya akan dipilih secara selektif lokasi untuk penyuntikan vaksin Pfizer.


Penanganan khusus untuk Pfizer ini memang jadi tantangan bagi Bio Farma dalam melengkapi kompetensi dan kapasitasnya.

"Ini juga tantangan bagi kami untuk bisa melengkapi kompetensi dan kapasitas kami untuk jenis vaksin yang membutuhkan penanganan khusus," ujarnya.

Sebagai informasi dalam pendistribusiannya, vaksin Pfizer-BioNTech memang harus disimpan di bawah minus 70 derajat. Karena itulah membutuhkan kotak khusus agar kualitasnya tetap terjaga.

Kotak tersebut akan bisa menyimpan 1000 hingga 5000 dosis pada suhu minus 70 derajat celcius hingga 10 hari. Tempat tersebut juga bisa dilacak dengan GPS.

Bandingkan dengan Vaksin Moderna yang bisa disimpan di suhu 2 derajat Celcius hingga 7 derajat Celcius untuk bertahan selam 30 hari. Atau suhu minus 20 derajat Celcius untuk masa penyimpanan 6 bulan.

Sejumlah negara diketahui sudah memiliki logistik pengangkutan vaksin berjenis penanganan khusus tersebut. Tapi untuk memenuhi negara yang belum memilikinya maka dunia mencari cara agar bisa menciptakan fasilitas logistik vaksin.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading