Pengumuman! Kini Bisa Konsultasi Kesehatan di PeduliLindungi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 December 2020 17:44
Aplikasi Peduli Lindungi (ScreenShot Official PeduliLindungi via Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna Aplikasi PeduliLindungi, kini sudah bisa melakukan telekonsultasi dan pemeriksaan kesehatan mandiri di aplikasi. Ini karena Kominfo telah menggandeng layanan telemedis GrabHealth dan Good Doctor.

Plt. Direktur Telekomunikasi, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ikhsan Baidirus mengatakan masyarakat sudah beradaptasi dan mengadopsi layanan telemedis dalam kehidupan sehari-hari mereka saat ini.

"Untuk itu, demi memperkuat layanan di aplikasi PeduliLindungi, Kementerian Kominfo merasa perlu untuk bekerja sama dengan layanan telemedis terpercaya seperti GrabHealth, agar kami bisa menyediakan fitur layanan yang lebih komprehensif," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (23/12/2020).


"Selain itu melalui jangkauan pengguna luas yang dimiliki oleh Good Doctor dan GrabHealth, kami berharap akses layanan aplikasi PeduliLindungi nantinya pun bisa menjangkau lebih banyak masyarakat dan menambah jumlah pengguna aplikasi ini."

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan bahwa telah terjadi kenaikan penggunaan telemedis hingga 600% selama masa pandemi COVID-19.

Menkominfo Johnny G Plate (BNPB)Foto: Fungsi aplikasi PeduliLindungi (BNPB)

Data serupa juga nampak pada data yang dikeluarkan oleh Aliansi Telemedik Indonesia (ATENSI) yang mengatakan bahwa telah terjadi lonjakan pengguna aplikasi telemedis dari empat juta menjadi 15 juta sejak pandemi COVID-19.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak Kementerian Kominfo dan Telkom Indonesia ini dapat melakukan fungsi penelusuran (tracing), pelacakan (tracking), dan peringatan (warning dan fencing) terhadap lokasi sekitar.

Aplikasi PeduliLindungi juga menghadirkan menu 'teledokter' untuk memberikan pelayanan medis secara online (telemedis) kepada masyarakat setiap saat selama 24 jam, seperti yang disediakan GrabHealth.

Pengguna dapat mengakses layanan GrabHealth pada menu 'teledokter' atau 'periksa diri' di beranda aplikasi PeduliLindungi. Layanan "Periksa Kesehatan Mandiri" berupa formulir isian yang berguna untuk mengindikasi pengguna dengan risiko Covid-19 rendah, sedang, maupun tinggi.

Sejak diluncurkan pada bulan Maret lalu hingga saat ini, aplikasi PeduliLindungi telah diunduh oleh 4.594.153 pengguna. Aplikasi PeduliLindungi akan dikembangkan dengan melengkapi beragam fitur yang akan dapat memudahkan masyarakat dalam menjalankan kehidupan di tengah pandemi.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading