India Terbitkan Izin Edar Vaksin AstraZeneca Minggu Depan?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 December 2020 13:31
(AP Photo/Kirsty Wigglesworth/FILE)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah India dikabarkan akan memberikan izin penggunaan darurat kepada vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca pada minggu depan. Hal ini diungkapkan oleh dua sumber yang mengetahui masalah ini.

Sumber itu mengungkapkan Serum Institute of India (SII), produsen vaksin terbesar di dunia, kini telah menyediakan data vaksin AstraZeneca. Regulator kesehatan India dikabarkan telah meninjau tiga permohonan izin vaksin sejak tanggal 9 Desember 2020 termasuk dari Pfizer/BioNTech dan Bharat Biotech.

Sumber tersebut mengatakan pejabat kesehatan India telah melakukan kontak langsung dengan rekan mereka di Inggris soal AstraZeneca dan ada "indikasi kuat" persetujuan akan datang minggu depan, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/12/2020).


Jika izin ini diberikan maka India akan menjadi negara pertama yang menggunakan vaksin ini. Pada awal bulan ini AstraZeneca merilis hasil uji klinis tahap akhir di Brasil dan Inggris menunjukkan kemanjuran 62% untuk relawan yang diberikan dua dosis penuh. Namun kemanjuran vaksin mencapai 90% pada kelompok kecil yang diberikan setengah dosis, lalu dosis penuh.

Kepala otoritas kesehatan India V.G. Somani tidak segera menanggapi permintaan komentar atas berita ini. Bharat Biotech dan Pfizer menolak berkomentar, sementara SII tidak segera memberikan jawaban.

India sendiri belum menandatangani kesepakatan pasokan vaksin dengan perusahaan mana pun, tetapi SII telah menimbun lebih dari 50 juta dosis vaksin AstraZeneca dan berencana untuk memasok 400 juta dosis pada Juli 2021.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading