Vaksin AstraZeneca Diklaim Mampu Kalahkan Varian Baru Corona

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 December 2020 10:22
(AP Photo/Kirsty Wigglesworth/FILE)

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen AstraZeneca Plc mengklaim vaksin Covid-19 buatannya efektif melawan varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris. Perusahaan pun kini sedang melakukan penyelidikan dampak dari mutasi ini.

"AZD1222 (kandidat vaksin Covid-19 AstraZeneca) mengandung materi genetik dari protein lonjakan virus SARS-CoV-2, dan perubahan pada kode genetik yang terlihat pada strain virus baru ini tampaknya tidak mengubah struktur protein lonjakan," ujar AstraZeneca seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/12/2020).

Saat ini sejumlah produsen vaksin Covid-19 sedang menguji apakah vaksin yang mereka kembangkan bisa melawan varian baru virus corona yang berkecamuk di Inggris, yang memiliki daya tular lebih cepat dari varian sebelumnya.


"Melalui vaksinasi dengan AZD1222, sistem kekebalan tubuh dilatih untuk mengenali berbagai bagian protein lonjakan, sehingga dapat menghilangkan virus jika nanti terpapar," ujar perwakilan AstraZeneca.

Mutasi yang dikenal sebagai keturunan dari B.1.1.7 disebut-sebut 70% lebih menular telah membuat Inggris menerapkan lockdown atau penguncian wilayah untuk wilayah London dan Inggris Tenggara.

Saat ini AstraZeneca sedang melanjutkan uji klinis tahap akhir untuk mengetahui dengan pasti kemanjuran vaksinnya. Namun India kemungkinan akan menyetujui penggunaan darurat vaksin ini pada minggu depan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading