Ini Kandungan Vaksin Covid-19, Ada Microchip?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
22 December 2020 14:32
System Pharmacy Clinical Manager at Hartford HealthCare Colleen Teevan prepares the Pfizer-BioNTech vaccine for COVID-19 to give to a front line worker outside of Hartford Hospital, Monday, Dec. 14, 2020, in Hartford, Conn. (AP Photo/Jessica Hill)

Jakarta, CNBC Indonesia - Negara-negara di dunia berlomba mengamankan vaksin Covid-19 demi mengakhiri pandemi. Namun gelombang penolakan atas vaksin terus bermunculan. Ini karena adanya teori konspirasi soal kandungan vaksin. Salah satunya vaksin mengandung microchip, benarkah?

Salah satu teori konspirasi yang beredar di publik adalah vaksin disusupi microchip. Kabar bohong ini dihembuskan oleh orang tak bertanggung jawab untuk menyerang pendiri Microsoft Bill Gates yang memang memberikan perhatian besar pada penuntasan pandemi dari muka Bumi.

Kabar bohong ini beredar luas di Amerika Serikat (AS) pada pertengahan tahun ini. Menurut Survei Yahoo/YouGov sebanyak 44% responden yang mendukung partai Republicans percaya akan teori konspirasi microchip dalam vaksin Covid-19 berbanding dengan 19% pendukung partai Democrats.


Teori ini dihembuskan karena orang yang tak bertanggung jawab itu ingin mengetahui motif utama Bill Gates mau menggelontorkan dana hingga ratusan juta dolar AS untuk menangani Covid-19 dan menemukan vaksin.

Apalagi Bill Gates termasuk salah satu orang yang memprediksi akan kehadiran pandemi yang akan membunuh banyak orang. Hal ini diungkapkannya pada 2015 pada sebuah diskusi kesehatan di mana ia menyatakan negara-negara di dunia tidak akan siap menghadapi pandemi yang datang tiba-tiba.

Atas kabar bohong Bill Gates pun angkat bicara dengan menyebut hal ini sebagai sesuatu yang tak lucu sama sekali.

"Di satu sisi, ini sangat aneh di mana Anda hampir ingin melihat ini sebagai sesuatu yang lucu, tetapi sebenarnya bukan hal yang lucu," ujar Bill Gates seperti dikutip dari US Today, Selasa (22/12/2020). "Hampir sulit untuk menyangkal kabar bohong ini karena sangat bodoh atau aneh."

Kandungan sebenarnya vaksin Covid-19 berlanjut di halaman berikutnya.

Kandungan Vaksin Pfizer
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading