Awas! Menkes Sebut Ada Transmisi Lokal Mutasi Corona B117

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 March 2021 18:10
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai merima Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pihaknya telah menemukan transmisi lokal atau penyebaran lokal varian baru corona B117 yang pertama kali ditemukan di Inggris.

"Ada varian baru yang sebenarnya sudah masuk awal tahun, dua yang pertama dari Arab Saudi untuk varian B117, dan empat lainnya juga dari UEA dan juga transmisi lokal," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (15/3/2021).

Budi menegaskan pihaknya telah melakukan penelusuran kontak erat (tracing) ke kasus varian B117. Seluruh kasus corona varian B117 pun telah dinyatakan negatif.


"Kita sudah menindaklanjuti untuk tracing-nya dan Alhamdulillah sampai sekarang semuanya negatif," ujarnya.

Budi Gunadi Sadikin menambahkan untuk mendeteksi varian baru corona di Indonesia pihaknya akan memperbanyak tes dengan metode pengurutan genom secara keseluruhan (whole genome sequencing) dengan memanfaatkan jaringan laboratorim di bawah Kemenkes dan Kemenristek.

Sebelumnya, pemerintah sudah menemukan 6 kasus mutasi Corona B117 Inggris. Kasus awalnya dibawa dari pekerja migran Indonesia yang baru pulang dari Arab Saudi. Keduanya berada di Karawang usai sempat isolasi dan akhirnya negatif COVID-19. Beberapa hari berselang,

Empat lainnya tersebar di empat provinsi, satu kasus di Palembang, Sumatera Selatan, diidentifikasi pada 11 Januari. Satu kasus di Kalimantan Selatan ditemukan pada 6 Januari, kasus lainnya di Kalimantan Timur, Balikpapan, ada di 12 Februari, dan kasus terakhir ditemukan di Medan, Sumatera Utara, di 28 Januari.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading