Catat! Menkes BGS Buka Opsi Bebas Terbang Setelah Divaksinasi

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
15 March 2021 17:34
Menkes Budi Gunadi Sadikin (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membuka opsi bebas terbang bagi seseorang yang telah divaksinasi Covid-19. Hal itu disampaikan BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin, dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (15/3/2021).

"Saya terus terang pernah mengucapkan ini di awal saya pertama kali jadi menkes. Tapi itu memicu perdebatan di kalangan epidemiolog. Saya bicara dengan mereka dan mereka bilang walaupun divaksinasi belum ada guarantee dia tidak bisa terkena dan tidak bisa menularkan, dia hanya memiliki imunitas yang lebih baik sehingga kalau dia terkena dia bisa bunuh lebih cepat virusnya," ujarnya.


"Jadi masih banyak teman-teman epidemiolog yang menyarankan kalau mau lebih konservatif sebaiknya jangan dulu. Tapi hal ini nanti bisa kita bicarakan, kalau sudah lebih banyak yang divaksin mungkin make sense juga," lanjutnya.

BGS mencontohkan peraturan CDC Amerika Serikat (AS) yang baru. Seiring vaksinasi yang terus meningkat hingga menembus angka 30%-40% populasi, mulai ada pelonggaran-pelonggaran dari sisi protokol kesehatan di Negeri Paman Sam.

"Nanti kita bisa belajar dari sana sesudah kita menyentuh 30-40% populasi karena sekarang masih baru 10% dari target yang kita lakukan," kata BGS.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading