Ini Warga RI yang Mendapatkan Vaksin Covid-19 Gratis

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 December 2020 14:56
Dr. Siti Nadia Tarmizi

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menggratiskan vaksin Covid-19 di Indonesia. Lantas siapa saja yang akan mendapatkan vaksin ini?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan sesuai dengan arahan presiden, vaksinasi bersifat gratis. Mereka yang mendapatkan vaksin adalah yang sehat.

"Syarat siapa saja yang mendapatkan vaksin, pertama tentu saja harus sehat, tidak mungkin orang sakit divaksin," ujarnya dalam konferensi pers digital, Jumat (18/12/2020). "Kedua usia. Mereka yang divaksin adalah berusia 18 tahun hingga 59 tahun."


Informasi saja selain menggratiskan vaksin Presiden Joko Widodo mengatakan akan menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM. Saat ini Indonesia sudah mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin jadi milik Sinovac dan menunggu izin BPOM.

Sisanya 1,8 juta dosis vaksin jadi Sinovac akan datang lagi bulan ini. Kementerian BUMN mengungkapkan sudah mengamankan 155 juta dosis vaksin. Sisanya sedang diusahakan. Pemerintah berencana melakukan vaksinasi terhadap 182 juta penduduk Indonesia.

Pemerintah menegaskan bahwa disiplin protokol kesehatan (#pakaimasker, #cucitangan, #jagajarak) sebagai pilar pengendalian dan mengakhiri pandemi, harus dilakukan bersama dengan 3T (Testing, Tracing, Treatment), penguatan perawatan di Rumah Sakit dan vaksinasi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading